- UCAN Indonesia - https://indonesia.ucanews.com -

Uskup Agung Jakarta: Gereja perlu waspada pascapelemparan bom molotov di Sekolah Asisi

 

Sejumlah gereja dan lembaga  Katolik diminta waspada pascapelemparan bom molotov di Sekolah Fransiskus Asisi, Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (6/8) dini hari.

“Saya diberi tahu oleh jajaran Kepolisian Resor Jakarta Selatan bahwa ada bom molotov di Sekolah Asisi Tebet. Lalu saya sampaikan kepada yang biasa menyampaikan informasi ke seluruh paroki untuk meningkatkan kewaspadaan,” kata Uskup Agung Jakarta, Mgr Ignatius Suharyo, seperti dilansir beritasatu.com.

Uskup Agung Suharyo mengatakan, pihaknya tidak mengkhawatirkan keamanan gereja pascaperistiwa bom meledak di Vihara Ekayana, Jakarta Barat, pada Minggu (4/8).

“Tidak perlu ada kekhawatiran ataupun ketakutan, ‘nek mati yo wes mati wae’ (kalau mati ya mati saja, red.). Hanya ini ada sesuatu yang tidak baik dan sungguh sangat memprihatinkan. Kita harus berhati-hati supaya hal yang tidak perlu terjadi,” jelasnya.

Namun, ia sangat mengharapkan “peningkatan keamanan tersebut tetap mengutamakan keramahan pelayanan kita dan jangan sampai menimbulkan keresahan luas di kalangan umat dan warga masyarakat sekitar.”

Lebih lanjut, ketua presidium Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) itu menjelaskan pihaknya tidak pernah melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian untuk melakukan pengamanan khusus terhadap seluruh gereja.

Sementara itu, berdasarkan informasi yang dilansir kompas, sebuah bom molotov ditemukan berada di Sekolah Asisi di Tebet, Selasa dini hari sekitar pukul 01.00 WIB.

“Kami mendapat laporan pukul 07.00 WIB pagi dan langsung mengabarkan kepada uskup (agung Jakarta) untuk meningkatkan kewaspadaan,” kata petugas Polres Jaksel yang enggan disebutkan namanya.

Petugas kepolisian tersebut mengatakan pihaknya saat ini sedang melakukan penyelidikan apakah bom molotov tersebut terkait dengan peledakan bom di Vihara Ekayana atau perselisihan antarwarga di kampung sekitar.