UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Aktor Hollywood marah dengan menteri kehutanan

September 11, 2013

Aktor Hollywood marah dengan menteri kehutanan

 

Aktor Hollywood Harrison Ford telah melobi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk membendung laju perusakan hutan di Tanah air, saat berkunjung ke?Indonesia dalam rangka syuting film dokumenter Years of Living Dangerously yang bercerita tentang perubahan iklim.

Ford tiba pada Senin untuk serangkaian pertemuan dengan para pejabat tinggi pemerintah, dan membuat rekaman di Pusat Orangutan di Kalimantan Tengah dan Taman Nasional Tesso Nilo di Riau, Sumatera.

Aktor Star Wars itu seperti dilaporkan marah dengan Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan akibat kondisi hutan di Tesso Nilo, dan menanyakan menteri itu mengapa pemerintah tidak menangkap para pelaku penebangan hutan.

Riko Kurniawan, seorang aktivis dari Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi ), salah satu yang mendampingi Ford saat syuting di Sumatera, mengatakan aktor itu terkejut mengetahui bahwa 63.000 hektar taman nasional Tesso Nilo yang berjumlah 83.000 hektar hutan telah rusak.

“Pemerintah kita selalu marah ketika orang asing menunjukkan kekhawatiran tentang masalah [lingkungan] kita,” kata Kurniawan. “Itulah pemerintah kita.”

Juru Bicara Kepresidenan Julian Aldrin Pasha mengatakan dalam sebuah pernyataan kemarin bahwa Yudhoyono telah menginstruksikan instansi terkait untuk mengambil tindakan terhadap mereka yang menghalangi konservasi hutan.

“Presiden mengatakan kepada Ford bahwa Indonesia serius dalam hal menyelamatkan dan melestarikan hutan,” katanya, seraya menambahkan bahwa pemerintah telah mencari kerjasama dengan kelompok-kelompok internasional.

Meskipun klaim pemerintah, Yuyun Indradi, juru kampanye perlindungan hutan dari Greenpeace Indonesia, mengatakan kepada ucanews.com pada Rabu bahwa “pemerintah tidak transparan dalam laporannya yang berkaitan dengan masalah hutan.

Tahun ini Indonesia telah kehilangan 40 juta hektar – terutama di pulau-pulau seperti Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua – dengan total luas hutan sekitar 140 juta hektar, tambahnya. Sekitar 2,8 hektar hilang setiap tahun.

Sebuah laporan oleh Walhi yang dirilis awal tahun ini mengatakan bahwa perusahaan-perusahaan pertambangan dan perkebunan telah menjadi penyebab utama terjadinya kerusakan lingkungan.

Walhi mengatakan bahwa pada Juni tahun lalu, pemerintah telah memberikan 50,4 juta hektar, atau 38,4 persen hutan Indonesia kepada berbagai perusahaan di seluruh nusantara.

Years of Living Dangerously, sebuah film dokumenter yang bercerita tentang perubahan iklim, dan mencakup partisipasi dari Arnold Schwarzenegger dan Matt Damon, akan dirilis pada April tahun depan. Film ini mendokumentasikan berbagai isu terkait perubahan iklim di Asia.

Sumber: Harrison Ford angers Indonesian minister

 

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

Podcasts
Donation
© UCAN Indonesia 2024. | Kontak | Tentang | Syarat dan Ketentuan | Privasi