UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Tokoh agama diseleksi untuk mendampingi PSK Dolly

September 13, 2013

Tokoh agama diseleksi untuk mendampingi PSK Dolly

Ilustrasi

 

Rencana pendampingan untuk PSK di lokalisasi Dolly dan Jarak di Surabaya terus dimatangkan.

Dinas Sosial (Dinsos) Kota Surabaya sudah menyeleksi ke-70 tokoh agama yang akan diterjunkan ke tempat prostitusi tersebut. Bila diperlukan, mereka berencana menambah tokoh masyarakat setempat.

Kepala Dinsos Supomo mengatakan, pihaknya sudah menerima beberapa nama tokoh agama yang direkomendasikan. Lantas, dilakukan seleksi. Tokoh agama itu harus bisa diterima di kalangan PSK. Selain itu, para tokoh agama diharapkan bisa membekali PSK dengan pengetahuan tentang mengaji dan salat.

Para dai tersebut berasal dari Kelurahan Banyu Urip, Putat Jaya, dan Pakis. “Selain dai, kami melibatkan tokoh masyarakat. Mereka diajak turun langsung untuk membantu tugas para dai itu,” katanya.

Rudi Musbiyantoro dari Bina Sosial Keagamaan Dinsos Surabaya mengatakan, pihaknya akan memanggil ke-70 tokoh agama tersebut setelah menerima daftar nama dari kecamatan. Mereka akan mendapat pembekalan di kantor Dinsos Surabaya.

Pembekalan itu berupa cara berkomunikasi yang baik dengan PSK, persuasif dalam memberikan materi, serta bagaimana bertindak jika terjadi penolakan dari warga.

“Jadi, kalau ada penolakan dari PSK, mereka sudah tahu jurusnya,” ucapnya.

Rudi mengaku optimistis pendampingan itu akan berhasil. Sebab, berdasar survei yang dilakukan dinsos di Dolly dan Jarak, sebesar 30-50 persen PSK sudah bisa mengaji dan salat. Tinggal diintensifkan pendalaman tentang agama.

Kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada Oktober 2013. Sekitar lebih dari 1.000 PSK beroperasi di dua lokalisasi terbesar di Jawa Timur itu.

 

Comments are closed.

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi