UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Paus Fransiskus angkat sejumlah ketua Kongregasi Vatikan

September 25, 2013

Paus Fransiskus angkat sejumlah ketua Kongregasi Vatikan

 

Menurut para pengamat Vatikan, sebuah “revolusi” Paus Fransiskus di Kuria Romawi dimulai pada 21 September, ketika serangkaian pengangkatan di jajaran petinggi Kuria.

Paus Fransiskus pada Sabtu memperkuat ketua Kongregasi Ajaran Iman dan ketua Kongregasi Evangelisasi Bangsa-Bangsa.

Selain itu, ia menunjuk Mauro Kardinal Piacenza, yang kini Prefek Kongregasi  Klerus sebagai ketua Lembaga Persidangan Apostolik, Uskup Agung Beniamino Stella sebagai Prefek Kongregasi  Klerus, dan Uskup Agung Lorenzo Baldisseri sebagai sekjen Sinode Uskup.

Pengangkatan terakhir dapat dilihat sebagai sinyal jelas bahwa pengaruh diplomat di Vatikan mulai kuat lagi, kata Gianfranco Svidercoschi, mantan wakil direktur surat kabar Vatikan L’Osservatore Romano, kepada CNA.

Dalam percakapan pada 20 September, Svidercoschi mengatakan bahwa Uskup Agung Stella “adalah seorang diplomat di Amerika Selatan, termasuk beberapa diplomat yang baru-baru ini diangkat Paus Fransiskus.

Svidercoschi juga mencatat bahwa Uskup Agung Stella dan Uskup Agung Baldisseri telah menjadi  Duta Besar Takhta Suci  di Amerika Selatan, seperti (Uskup Agung) Pietro Parolin saat ia diangkat sebagai  Sekretaris Negara Vatikan.”

“Ini akan membuat kita berpikir bahwa orang-orang yang melayani ‘Gereja-gereja jauh’ adalah salah satu persyaratan yang paling penting untuk menduduki jabatan penting dalam Kuria Paus Fransiskus,” tambahnya.

Sumber: Pope Francis shuffles his pack

 

Comments are closed.

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi