UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Umat Kristen Laos dipaksa kembali ke animisme

September 26, 2013

Umat Kristen Laos dipaksa kembali ke animisme

 

Umat Kristen di Laos sedang menghadapi pengusiran dari desa mereka terkait keyakinan mereka, demikian ungkap sebuah kelompok HAM Amerika Serikat (AS).

Pihak berwenang di Desa Huay, Provinsi Savannakhet, menuduh jemaat Protestan mengadakan ibadat di rumah-rumah mereka dan mengatakan mereka harus dipaksakan kembali ke animisme atau diusir dari desa itu, kata Human Rights Watch untuk Kebebasan Beragama Laos (HRWLRF).

Penduduk desa itu telah menentang peraturan dengan alasan bahwa kebebasan beribadah dijamin oleh konstitusi Laos, kata kelompok hak asasi yang berbasis di Tennessee, AS itu.

HRWLRF juga mengatakan kemarin bahwa pihaknya telah menerima laporan dari orang-orang Kristen di Desa Nonsung di Provinsi Savannakhet yang dipanggil pada sebuah pertemuan desa itu dan mereka diperintahkan mengambil sumpah untuk kembali ke animisme. Namun, mereka menolak melakukannya, katanya.

Ancaman pengusiran di Desa Huay adalah yang kedua yang dilaporkan di Laos dalam sebulan.

Pada 30 Agustus, HRWLRF melaporkan bahwa 50 orang Kristen di Provinsi Bolikhamsai tengah diperintahkan untuk kembali memeluk animisme, kepercayaan tradisional mereka. Mereka juga menolak permintaan itu.

Pihak berwenang di Bolikhamsai menuduh orang Kristen percaya pada agama “Barat,” sebuah tuduhan yang lazim ┬ádilontarkan di Laos, demikian Christian Solidarity Worldwide, yang berbasis di London.

Sumber: Laos Christians forced to revert to animism

 

 

 

 

 

 

 

Comments are closed.

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi