UCAN Indonesia Catholic Church News
In Season and Out, Homilies for Year A

Paus mengumumkan secara resmi ‘Dewan Kardinal’

01/10/2013

Paus mengumumkan secara resmi  ‘Dewan Kardinal’ thumbnail

 

Paus Fransiskus secara resmi mengeluarkan Chirograph kepausan dengan mengumumkan pembentukan “G8” (kelompok delapan kardinal) yang akan memiliki tugas menasihati Paus tentang pemerintahan Gereja universal dan revisi Konstitusi Apostolik Pastor Bonus tentang Kuria Romawi.

Chirograph dipublikasikan pada Senin dan tanggal 28 September, memuat diskusi-diskusi yang diadakan selama General Congregations sebelum Konklaf.

“Di antara saran-saran yang muncul selama General Congregations sebelum Konklaf itu, adalah pembentukan sekelompok kecil kardinal, dari berbagai belahan dunia, agar Bapa Suci bisa berkonsultasi dengan mereka, baik secara individual atau kolektif, tentang isu-isu tertentu,” demikian Chirograph tersebut.

Dalam Chirograph itu, Paus Fransiskus menyatakan: “Kini, setelah permenungan yang matang, saya anggap dewan itu baik, melalui Chirograph ini, secara resmi membentuk ‘Dewan Kardinal’, yang tugasnya adalah membantu pemerintahan Gereja universal dan mempelajari draft revisi Konstitusi Apostolik Pastor Bonus tentang Kuria Romawi.”

Paus menegaskan bahwa dewan itu “akan terdiri dari orang-orang yang telah disebutkan dan dapat dikonsultasikan, baik secara individu maupun sebagai Dewan, tentang hal-hal yang saya merasa layak untuk diperhatikan.

Rincian struktur dewan ini belum didefinisikan karena hal itu merupakan lembaga (dewan)  penasehat baru, penyesuaian akan dilakukan sepanjang diperlukan.

Paus menegaskan apa yang dia katakan pada sejumlah kesempatan dan keterlibatan langsung anggota tertentu dari para Uskup dalam menasihati Uskup Roma adalah sesuatu yang telah diminta selama diskusi sebelum Konklaf.

Dewan ini hanya memiliki satu anggota Italia, Giuseppe Kardinal Bertello, yang adalah Kepala Pemerintahan Kota Vatikan. Sisanya adalah kardinal dari berbagai keuskupan di lima benua. Hanya satu di antaranya adalah Emeritus.

Dewan ini tidak hanya menangani reformasi Kuria Romawi, tetapi juga akan bertanggung jawab memberikan saran tentang pemerintahan Gereja universal. “G8” akan berfungsi sebagai sebuah kelompok tetapi anggota juga dapat berkonsultasi secara “individu” tentang hal-hal yang dianggap penting.

Chirograph tidak menyebutkan hubungan dengan lembaga lain, yang membuktikan bahwa hal itu masih merupakan sebuah struktur terbuka, yang tujuannya hanya untuk memberikan nasihat dan membantu Paus.

“Ini akan meningkatkan instrumen yang sudah ada,” kata direktur Kantor Pers Takhta Suci, Pastor Federico Lombardi SJ, dalam konferensi pers. “Anda akan ingat nasihat itu yang juga diberikan dalam berbagai pertemuan seperti pertemuan para kepala diskateris Kuria dan komisi-komisi yang bertugas memantau penanganan keuangan dan administrasi Gereja, seperti Sinode Uskup. Lalu ada kunjungan ad limina para uskup.”

“Selama beberapa bulan terakhir, G8 telah mengumpulkan proposal dan catatan dari para penasihat individu yang bekerja di bidang keahlian masing-masing atau langsung dari Paus, atau dari Kuria Romawi dan Sekretaris Negara. Sekitar 80 dokumen telah dikumpulkan dan beredar di kalangan anggota dewan itu dan sekretarisnya, Uskup Marcelo Semeraro, telah menyiapkan sebuah ringkasan awal,” kata Pastor Lombardi.

Para anggota G8 ini, yang saat ini tinggal di Domus St. Martha, Vatikan telah mengadakan beberapa pertemuan dengan Paus Fransiskus, sehingga pekerjaan sebenarnya dimulai beberapa waktu lalu. Dalam beberapa hari terakhir ada beberapa kali pertemuan informal, yang Paus tidak hadir.

“Ada pertemuan pada Sabtu dan akan ada satu lagi pada sore ini [Senin],” kata Pastor Lombardi. “Pertemuan resmi akan berlangsung di perpustakaan pribadi di dekat pintu masuk apartemen kepausan di Istana Apostolik. Paus akan menghadiri pertemuan itu yang akan diadakan di pagi dan malam hari.”

Óscar Andrés Rodríguez Kardinal Madariaga adalah koordinator pertemuan itu. Paus akan memberikan pengenalan singkat tapi sebagian besar akan hanya mendengarkan. Masing-masing dari delapan kardinal akan memberi masukan pada berbagai usulan.

Sumber: Pope issues official announcement on ‘Council of Cardinals

Berita terkait: Paus Fransiskus angkat delapan kardinal menjadi penasehat

 

Comments are closed.

Jangan lewatkan
Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini
Invite a Friend
  1. Uskup dihormati sebagai pahlawan
  2. Paus Fransiskus: Persiapkan Natal dengan pertobatan
  3. Ormas PAS bubarkan KKR Natal 2016 di Auditorium Sabuga Bandung
  4. Pemuka agama Katolik tolak zina diatur dalam perkara kriminal
  5. Hindari pelayanan publik diskriminatif, Kemenag minta semua pihak daftarkan agamanya
  6. Kamp-kamp pengungsian di Thailand
  7. Penghormatan terhadap tempat suci kian merosot
  8. Gereja, warga Korea Selatan gelar aksi menentang skandal korupsi presiden
  9. Presiden puji para uskup Asia atas pelayanan terhadap orang miskin
  10. Imam, suster menyerukan pembebasan para tahanan politik
  1. Alkitab bahasa kanayant...
    Said Dolina on 2016-12-04 20:38:14
  2. ternyata banyak pengikutnya tidak menemukan ketenangan batin.. tidak ada jaminan...
    Said Jenny Marisa on 2016-11-30 10:02:53
  3. i Like,..it,.....
    Said Damianus Ahen on 2016-11-28 11:09:07
  4. Dimana toleransi beragama yg selalu di dengung dengungkan,,,...
    Said kamboti marassan salatiga on 2016-11-27 21:01:42
  5. Ada upaya uskup dan menteri yang Katolik.. ini cukup menjelaskan... Semoga napi ...
    Said Jenny Marisa on 2016-11-23 10:02:16
  6. Terima kasih Pak Benyamin....
    Said cnindonewsletter on 2016-11-22 16:34:32
  7. Terima kasih. Saya senang dengan UCAN INDONESIA. syallom benyamin...
    Said Benyamin Mali on 2016-11-21 16:53:07
  8. PERSEKUTUAN REMAJA JEMAAT ELIM PETRA PAMONA GEREJA KRISTEN SULAWESI TENGAH (GKS...
    Said aswankodina on 2016-11-21 10:53:01
  9. semoga tidak hujan besok......
    Said Jenny Marisa on 2016-11-18 23:25:12
  10. Benar2 capek deh membaca tentang Islam yang berniat menghabisi kaum Kristen.. Mu...
    Said Jenny Marisa on 2016-11-18 09:53:01
UCAN India Books Online