UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Dewan Kardinal bahas reformasi Gereja

Oktober 4, 2013

Dewan Kardinal bahas reformasi Gereja

 

Pertemuan pertama Paus Fransiskus  dengan delapan kardinal (Dewan Kardinal) yang menasihati dia tentang reformasi Gereja mencakup berbagai tema, termasuk reformasi birokrasi Vatikan dan peran kaum awam, demikian Vatikan.

Selain itu, dewan ini juga berbicara tentang persiapan sebuah studi untuk meningkatkan karya pastoral Gereja terkait keluarga, kata Juru Bicara Vatikan Pastor Federico Lombardi SJ.

Imam itu memberikan beberapa penjelasan detail terkait pertemuan kelompok itu dalam sebuah konferensi pers pada Rabu. Tapi, Pastor Lombardi mengatakan para pengamat hendaknya tidak mengharapkan terlalu banyak informasi tentang sesi-sesi tersebut.

Pertemuan itu tidak dimaksudkan untuk menghasilkan dokumen untuk umat Katolik. “Kita jangan mengharapkan dokumen atau keputusan dari dewan ini,” kata Pastor Lombardi.

Kelompok kardinal mengadakan pertemuan di Vatikan untuk pertama kalinya dari Selasa hingga Kamis pekan ini. Pertemuan itu telah menimbulkan spekulasi, hal-hal apa yang menjadi agenda para kardinal  atau hal-hal apa yang akan dilakukan reformasi.

Pada Senin, Paus mengumumkan pembentukan kelompok kardinal melalui surat resmi, yang dikeluarkan pada Sabtu, dengan meminta dewan itu membantu reformasi birokrasi Vatikan dan “membantu saya terkait pemerintahan Gereja Katolik.”

Ia mengatakan pertemuan para kardinal  mulai pada Selasa pagi bersama Paus dan para kardinal melakukan tinjauan singkat tentang struktur Gereja sejak Konsili Vatikan II (1962-1965), yang diselenggarakan di Roma.

Topik lain yang juga dibahas, menurut Pastor Lombardi, termasuk persekutuan, partisipasi dan kolegialitas di dalam Gereja, serta perhatian terhadap kaum miskin.

Reformasi sinode para uskup juga menjadi “tema utama” dari hari pertama pertemuan itu, kata Pastor Lombardi. Sinode itu dibentuk setelah Konsili Vatikan II dan salah satu tujuannya adalah memberikan nasihat kepada Paus.

Paus telah mengatakan beberapa kali bahwa ia ingin mereformasi sinode uskup itu, yang memiliki sekretariat permanen di Vatikan, tetapi tidak menjadi bagian dari birokrasi pusat.

Sumber: Vatican tight lipped on details of cardinals’ meeting

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi