- UCAN Indonesia - https://indonesia.ucanews.com -

Pejabat Vatikan puji Korea terkait pertumbuhan Gereja Katolik

 

Pada pertemuan dengan kaum awam Katolik Korea pada  5 Oktober, Prefek Kongregasi Evangelisasi Vatikan mengungkapkan rasa kagumnya terkait pertumbuhan Gereja Katolik di Korea Selatan yang luar biasa selama lima dekade terakhir dan memperingatkan terhadap tiga ancaman, lapor kantor berita Fides.

Tahun 1949, 1,1 persen dari penduduk Korea adalah Katolik, dan memiliki 81 imam, setelah Konsili Vatikan II, 2,5 persen dari penduduk Korea Selatan adalah Katolik. Saat ini, 10,3 persen dari penduduk negara itu adalah Katolik, dan ada lebih dari 4.600 imam dan 1.500 seminaris.

Di tengah pertumbuhan ini, Fernando Kardinal Filoni, prefek kongregasi itu,  memperingatkan terhadap sekularisme dan materialisme.

“Jika kesetiaan kepada pesan Kristus dan kesaksian hidup kita berkurang tentang pewartaan dan kesaksian Gereja yang baik, baik secara pribadi atau pada tingkat komunal,  maka pelayanan kepada Allah dan umat manusia akan bermasalah,” katanya selama  pertemuan pada 5 Oktober di Seoul.

“Godaan terhadap kehidupan iman yang nyaman akibat ketidakpuasan terhadap hasil yang dicapai, dan akibatnya mengalami kekurangan atau kehilangan visi bahkan komitmen perutusan dan pastoral.”

“Lebih berbahaya lagi, di negara dengan teknologi tinggi, yang disertai dengan kecenderungan birokratisasi dan hiper-efisiensi, menurut gaya birokratis-administratif,  yang seolah-olah Gereja adalah sebuah perusahaan nirlaba atau LSM, seperti yang diungkapkan Paus Fransiskus berkali-kali.”

Sumber: Vatican prefect praises Korea’s surge in Catholic numbers [1]