UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Wakil Presiden: Sekitar 360 warga Indonesia dipenjara akibat korupsi

Nopember 1, 2013

Wakil Presiden: Sekitar 360 warga Indonesia dipenjara akibat korupsi

 

Wakil Presiden Boediono mengatakan 360 orang telah dipenjara akibat korupsi sejak tahun 2002, termasuk anggota parlemen, polisi, pejabat pemerintah, bankir, gubernur, hakim, bupati, walikota dan pengusaha.

“Sementara itu banyak kasus lagi yang masih diselidiki,” katanya dalam kuliah umum tentang “Transformasi Indonesia: Tantangan Tata Kelola yang Baik dan Pembangunan Ekonomi” di Universitas Oxford, Inggris pada Rabu seperti dilansir The Jakarta Post.

Dia mencatat bahwa satu-satunya program untuk meningkatkan tata kelola adalah pemberantasan korupsi, dan program itu kini telah menjadi prioritas agenda nasional.

Survei secara konsisten menunjukkan bahwa korupsi dipandang oleh masyarakat Indonesia sebagai salah satu musuh nomor satu mereka.

Boediono mengatakan bahwa mentalitas anti korupsi mulai menyebar ke seluruh lembaga-lembaga publik.

Meskipun upaya pemberantasan korupsi telah diintensifkan, banyak yang masih harus dilakukan, katanya.

Dalam Indeks Persepsi Korupsi 2012, Indonesia menduduki peringkat 118 dari 176 negara, yang lebih buruk dari tahun sebelumnya (peringkat 100), meskipun indeks telah benar-benar meningkat menjadi 3,0-3,2 dalam skala 1-10.

Global Competitiveness Index 2012-2013 menunjukkan perbaikan dalam etika dan kategori korupsi, di mana peringkat Indonesia meningkat dari 135 di 2010 menjadi 87 tahun ini.

Pelaksanaan otonomi daerah, kata Boediono, juga telah membuka peluang baru untuk korupsi, karena lebih banyak kekuasaan dan sumber daya diberikan kepada daerah.

Sumber: The Jakarta Post

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi