UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Vatikan kirim kuesioner ke Gereja lokal untuk meminta pendapat umat Katolik

Nopember 4, 2013

Vatikan kirim kuesioner ke Gereja lokal  untuk meminta pendapat umat Katolik

 

Vatikan telah meminta konferensi-konferensi waligereja di seluruh dunia untuk melakukan jajak pendapat kepada umat Katolik dengan meminta pendapat mereka tentang ajaran Gereja terkait kontrasepsi, pernikahan sejenis dan perceraian.

Uskup Agung Lorenzo Baldisseri, sekjen Sinode Uskup Vatikan, meminta konferensi-konferensi waligereja untuk mendistribusikan kuesioner “hingga ke dekenat dan paroki agar masukan dari sumber-sumber lokal dapat ditampung.”

Kuesioner itu dikirim ke konferensi-konferensi waligereja di seluruh dunia dalam persiapan untuk sinode para uskup tentang keluarga yang akan berlangsung  pada Oktober mendatang di Vatikan.

Cara ini  adalah pertama kalinya hierarki Gereja pusat meminta masukan tersebut dari akar rumput Katolik sejak terbentuknya sinode para uskup setelah Konsili Vatikan II.

Sinode mendatang, yang telah diumumkan Paus Fransiskus awal bulan ini, akan diadakan pada 05-19 Oktober 2014. Sinode itu mengambil tema “Tantangan Pastoral Keluarga dalam Konteks Evangelisasi.”

Kuesioner itu dikirim pada 18 Oktober oleh Uskup Agung Baldisseri kepada para ketua presidium konferensi-konferensi waligereja di seluruh dunia.

Ia mengirim kuesioner tersebut ke konferensi-konferensi  waligereja karena Gereja Amerika Serikat  terpecah terkait ajaran Katolik yang melarang penggunaan alat kontrasepsi buatan, kemungkinan seorang Katolik bercerai untuk menikah lagi dan menerima Komuni, dan jumlah orang-orang muda memilih kumpul kebo sebelum mereka menikah.

Sumber: Vatican sends out global poll to get local Catholics’ views

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi