UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Sidang WCC: Musuh bersama umat beragama adalah hilangnya perdamaian, kata Din

Nopember 8, 2013

Sidang WCC: Musuh bersama umat beragama adalah hilangnya perdamaian, kata Din

Din Syamsuddin menyampaikan sambutannya dalam Sidang Raya WCC, di Busan, Korea Selatan.

 

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Din Syamsuddin menegaskan bahwa musuh bersama manusia adalah kemiskinan, ketidakadilan, diskriminasi, kekerasan dan terorisme.

“Musuh bersama kita bukanlah orang lain agama, tapi masalah yang dihadapi oleh masyarakat kita, seperti kemiskinan, buta huruf, ketidakadilan, diskriminasi, kekerasan dan terorisme, serta bentuk lain dari hilangnya perdamaian (the absence of peace), ” demikian ungkap Din dalam sambutannya sebagai presiden Asian Conference of Religions for Peace (ACRP)  di Sidang Raya WCC, di Busan, Korea Selatan, belum lama ini, seperti dilansir satuharapan.com.

Din, dalam kesempatan tersebut, menegaskan pentingnya umat Kristen dan Islam, terutama, untuk menemukan kata sepakat (a common word), yang dengan terang benderang, dari perspektif beragama kita, yang juga memberi perhatian pada kesejahteraan manusia dan kemanusiaan.

Untuk itu, menurut Din, umat beragama penting untuk terlibat penuh memupuk kesamaan daripada mempertajam perbedaan dalam rangka menghadapi musuh bersama tersebut.

“Bagaikan sebuah simponi, kita, umat yang berbeda keyakinan dapat terlibat dalam aksi-aksi bersama, dan sungguh ini adalah sebuah kesatuan yang positif,” tambah Din.

Foto: muhammadiyah.or.id

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

Podcasts
Donation
© UCAN Indonesia 2024. | Kontak | Tentang | Syarat dan Ketentuan | Privasi