- UCAN Indonesia - https://indonesia.ucanews.com -

PMKRI memberikan kriteria calon presiden mendatang

 

Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) memberikan sejumlah masukan dan kriteria terhadap calon pemimpin Indonesia di masa mendatang, khususnya pada Pemilihan Presiden.

Ketua Presidium Pengurus Pusat PMKRI, Parlindungan Simarmata di Surabaya, Senin (18/11), menyatakan, pemimpin hasil pemilihan presiden mendatang haruslah memiliki rasa nasionalisme karena sangat penting menghadapi tantangan ekonomi global ke depan.

“Pesta demokrasi tahun depan jangan hanya kegiatan prosedural, tapi harus substansial. Artinya, Pemilu dan Pilpres nanti harus menghasilkan pemimpin yang berpihak pada kepentingan rakyat dan berjiwa negarawan,” ujarnya di sela Kongres Nasional XXVIII dan Majelis Permusyawaratan Anggota XXVII PMKRI Sanctus Thomas Aquinas di Gedung Negara Grahadi, seperti dilansir suarapembaruan.com.

Menurut dia, tantangan bangsa ke depan semakin luar biasa dengan adanya pasar bebas, sehingga presiden mendatang harus bisa memperjuangkan kepentingan Indonesia dalam forum-forum internasional.

Di samping itu, pihaknya juga menilai bahwa partisipasi pemuda sangat dibutuhkan dalam pemilihan kepemimpinan nasional sebagai salah satu momentum penting dalam upaya penyadaran politik masyarakat.

Sedangkan, ketika disinggung tentang tokoh yang layak menjabat penguasa Tanah Air ke depan, ia menyebut ada beberapa nama yang mendekati kriteria.

Sementara itu,  Soekarwo,  yang turut hadir dalam acara itu, mengingatkan kepada peserta kongres untuk memahami dan menggunakan nilai-nilai Pancasila dalam berfikir serta bersikap.

Ia mengatakan bahwa nilai-nilai Pancasila terimplementasi saat pengambilan keputusan dengan cara musyawarah mufakat.

“Pengambilan keputusan melalui mekanisme suara terbanyak belum tentu menjamin suatu keputusan tersebut bisa diterima dan demokratis, sehingga cara yang ideal dalam mengambil keputusan yakni melalui musyawarah mufakat sesuai dengan nilai-nilai Pancasila,” katanya.