UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Pejabat Vatikan memuji semangat warga Filipina setelah Topan Haiyan

Nopember 21, 2013

Pejabat Vatikan memuji semangat warga Filipina setelah Topan Haiyan

 

Meskipun korban tewas akibat Topan Haiyan telah mencapai sekitar 4.000 orang, seorang pejabat Vatikan mengunjungi Filipina kemarin menyatakan kekagumannya atas semangat rakyat Filipina.

“Kami telah mengamati selama beberapa hari terakhir, dan kami telah menyaksikan kehancuran yang luar biasa,” kata Monsignor Paul Tighe, sekretaris Dewan Kepausan untuk Komunikasi Sosial, kepada sebuah forum di Manila kemarin.

“Saya datang ke sini atas nama Vatikan … ada rasa solidaritas dan rasa memiliki dari seluruh dunia dengan orang-orang Filipina,” katanya, seraya menambahkan pujiannya atas semangat warga Filipina dan sikap bela rasa yang telah “membawa begitu banyak sukacita dan kabar baik dari seluruh dunia.”

Sementara itu, sekretaris eksekutif Komisi Kerasulan Kitab Suci, mendesak warga Filipina untuk “menghilangkan” persepsi bahwa bencana itu sebuah hukuman dari Tuhan.

“Kita harus menghilangkan persepsi ini dan mengatakan peristiwa itu adalah bencana alam,” kata Dr Natividad Pagadut, seraya menambahkan bahwa keteguhan iman warga Filipina “membantu kami untuk berpegang pada Tuhan.”

Kini jumlah korban jiwa tercatat 4.011 orang, 18.557 cedera, dan 1.602 masih hilang. Kantor Urusan Kemanusiaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengatakan akibat bencana itu, khususnya di kota Tacloban yang hancur, masih belum normal.

Juru bicara Valerie Amos mengatakan upaya bantuan hanya menjangkau 1,1 juta orang dan hanya 837.900 paket makanan yang disalurkan akibat “masalah logistik.”

Dia memperkirakan bahwa sekitar 2,5 juta orang membutuhkan bantuan pangan.

“Kebutuhan sangat besar,” katanya dalam konferensi pers di Makati City, pada Selasa.

Dia juga mengakui bahwa tim PBB belum terlibat sepenuhnya mengambil mayat dan mengidentifikasi mereka.

“Kami masih berada pada tahap mendapatkan bantuan darurat dari berbagai negara,” katanya.

Sumber: Vatican official praises Filipino spirit after Typhoon Haiyan

 

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

Podcasts
Donation
© UCAN Indonesia 2024. | Kontak | Tentang | Syarat dan Ketentuan | Privasi