UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Puas Fransiskus ungkap potongan tulang adalah milik Rasul Petrus

Nopember 25, 2013

Puas Fransiskus ungkap potongan tulang adalah milik Rasul Petrus

Kotak perunggu berisi yang diyakini Vatikan adalah potongan tulang rasul Petrus. (Foto: usatoday)

 

Vatikan untuk pertama kalinya menyatakan ke publik beberapa potongan tulang yang selama ini disengketakan adalah tulang dari Paus pertama, Rasul Petrus.

Paus Fransiskus berdoa dan memberkati sebelum mengumumkan tentang tulang tersebut pada Minggu (24/11).

Delapan potongan tulang atau mungkin lebih itu ditata melingkar seperti cincin di dalam kotak perunggu dan ditaruh di sebelah altar selama Misa hari Minggu.

Tidak ada paus yang pernah secara definitif menyatakan tulang tersebut milik Rasul Petrus, hanya Paus Paulus VI tahun 1968 mengatakan tulang yang ditemukan di pekuburan di bawah Basilika Santo Petrus sudah “diidentifikasi dengan cara yang meyakinkan.”

TulangĀ  St. Paulus

Sebelumnya, ilmuwan telah menguji tulang-belulang yang ada di sebuah peti mati yang ada di Basilika Santo Paulus di Roma memang tulang milik Rasul Paulus. Hal ini, diperkuat pernyataan Paus Benediktus XVI yang memastikan hal itu.

“Berdasarkan penghitungan karbon dari potongan tulang dalam sarkofagus (peti mati batu) itu, tulang tersebut milik seseorang yang hidup di abad pertama atau kedua,” kata Paus Benediktus seperti dilansirĀ  CNN.

Kini, kata dia, semua pihak telah menyepakati dan mengakhiri perselisihan seputar peninggalan Paulus yang ada di makam yang ada di gereja suci itu.

“Selain tulang, makam itu juga berisi kain linen indah berwarna ungu yang dilapisi emas murni. Juga kain biru dengan bordiran linen,” jelas Paus.

Dia menyatakan, pengujian ilmuwan telah membuka sedikit misteri sarkofagus yang tidak dibuka selama beberapa abad itu. Juga telah menguak misteri seputar benda-benda lain yang ada di sana, seperti adanya kemenyan merah dan sisa protein serta batu kapur.

Secara terpisah, sejumlah arkeolog telah mengubah penggambaran atas St. Paulus yang selama ini ada di gereja-gereja Katolik. Yakni, setelah ditemukannya lukisan di Katakombe St. Tekla, di antara barang-barang tertua peninggalan komunitas awal Kristiani.

Dari berbagai sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi