UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Paus Fransiskus menerima kunjungan Presiden Putin di Vatikan

Nopember 27, 2013

Paus Fransiskus menerima kunjungan Presiden Putin di Vatikan

 

Presiden Rusia Vladimir Putin tidak bisa menyembunyikan imannya selama kunjungan pada Senin ke Vatikan, dengan hening sejenak dan mencium gambar Bunda Maria yang kemudian ia menghadiahkan kepada Paus Fransiskus.

Tapi,  hubungan di antara Moskow dan Vatikan belum berlanjut karena Putin tidak mengundang Paus Fransiskus untuk mengunjungi negaranya.

Vatikan mengatakan pada Senin bahwa hubungan ekumenis antara Gereja Katolik dan Gereja Ortodoks tidak dibahas dalam pertemuan 35 menit di antara Putin dan Paus Fransiskus di perpustakaan pribadi Paus, meskipun Putin membawa salam dari pemimpin Ortodoks Rusia Patriarch Kirill.

Sebaliknya, diskusi di antara Putin dan Paus, kemudian Putin dan diplomat top Vatikan, fokus pada Suriah dan peran Kristen dalam masyarakat.

Putin berterima kasih kepada Paus Fransiskus khususnya terkait dengan suratnya pada September kepada pertemuan Kelompok G-20 di St. Petersburg, Rusia dimana Paus Fransiskus mendesak para pemimpin dunia untuk mencari solusi terkait konflik di Suriah.

Paus Fransiskus mengajak masyarakat seluruh dunia berpartisipasi dalam puasa dan doa untuk perdamaian di Suriah ketika Amerika Serikat berencana melakukan serangan militer menyusul serangan senjata kimia pada 21 Agustus di dekat Damaskus. Moskow juga menentang intervensi militer.

Paus Fransiskus memberikan hadiah kepada Putin sebuah mosaik keramik taman Vatikan, dan Putin memberikan hadiah kepada Paus Fransiskus sebuah gambar Bunda Maria.

Setelah mereka bertukar hadiah, Putin menanyakan Paus Fransiskus apakah ia menyukai ikon itu, dan Paus Fransiskus mengatakan ia suka. Putin kemudian membuat tanda salib dan mencium gambar itu, dan Paus Fransiskus mengikutinya.

Paus Fransiskus memiliki devosi khusus kepada Bunda Maria.

Di Rusia ketegangan yang berlangsung lama di antara umat Ortodoks dan umat Katolik, namun hubungan keduanya mulai cair pada masa Paus Benediktus XVI dan sebelumnya Paus Yohanes Paulus II.

Juru Bicara Vatikan Pastor Frederico Lombardi SJ mengatakan bahwa Putin tidak mengundang Paus Fransiskus, dan Presiden Rusia itu sebagai salah satu pemimpin dunia yang telah mengunjungi Paus itu.

Sumber: Pope Francis welcomes Russian leader Putin

 

One response to “Paus Fransiskus menerima kunjungan Presiden Putin di Vatikan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi