UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Harley-Davidson Paus Fransiskus laku 4 miliar, biayai dapur umum

Pebruari 7, 2014

Harley-Davidson Paus Fransiskus laku 4 miliar, biayai dapur umum

 

Sebuah motor Harley-Davidson Paus Fransiskus menjadi bintang alias menarik banyak perhatian peminat lelang dari berbagai penjuru dunia.

Rencananya, dana dari hasil penjualan Harley tersebut untuk biaya renovasi asrama Don Luigi di Liegro dan  dapur umum di stasiun kereta Termini, Roma.

Sehari menjelang acara lelang pada Kamis (6/2) di  Paris, Prancis, rumah lelang Bonhams mengemukakan bahwa telah menerima sekitar 30 tawaran yang harganya jauh di atas perkiraan.

Tanda tangan  “Francesco” ada di tangki Harley-Davidson itu.

“Seperti yang kami perkirakan, peminatnya banyak. Lelang moge Paus akan menjadi bintang. Hasilnya pasti akan sesuai dengan keinginan si pemilik pertama. Tanda tangan Paus, yang pertama kali ada pada kendaraan jenis ini, membuat moge tersebut unik,” kata Rumah Lelang Bonhams Prancis.

Dyna Super Glide 1.585cc itu adalah hadiah dari Harley-Davidson kepada Paus pada Juni tahun lalu dalam rangka ulang tahun ke-110 perusahaan motor tersebut.

Pada November 2013 Paus menyumbangkan Harley tersebut ke Caritas Roma yang merupakan badan amal Gereja Katolik.

Moge tersebut dipajang di Grand Palais, Paris, tempat lelang berlangsung.

Satu jaket Harley-Davidson yang ditandatangani Paus juga dilelang langsung setelah moge tersebut laku.

Laku Rp 4 miliar

Rumah lelang Bonhams di Paris, Perancis, mengumumkan hasil lelang sepeda motor Harley-Davidson Dyna Super Glide milik Paus Fransiskus, sekaligus jaket kulit khususnya, Kamis (6/2/2014). Di luar dugaan, nilai lelang sangat besar dan memecahkan rekor.

Sepeda motor yang sudah ditandatangani Paus di bagian tangki itu terjual 328.527 dollar AS atau setara Rp 4 miliar kepada penawar dari Eropa yang tidak mau disebut namanya. Sementara itu, jaket, yang laku dengan harga 78.221 dollar AS atau Rp 953 juta, jatuh ke pembeli dari luar Eropa yang juga meminta agar identitasnya dirahasiakan.

Berdasarkan rilis Bonhams, lelang hanya berlangsung enam menit untuk mencapai nilai ratusan ribu dollar AS! Dengan harga setara supercar, Harley-Davidson istimewa itu ditengarai menjadi yang termahal dalam sejarah.

Semua hasil lelang akan disumbangkan untuk merenovasi Caritas Roma Don Luigi di Liegro. Lebih dari 1.000 orang tak mampu dalam sehari mengunjungi hostel ini untuk mendapatkan makanan atau sekadar mencari tempat berteduh. Uang hasil lelang sebanyak itu diyakini sangat membantu kegiatan sosial di bangunan yang berusia 30 tahun itu.

”Kami sangat gembira dengan hasil lelang, jauh di luar dugaan. Kami ingin menyampaikan terima kasih untuk Bonhams yang mengawal proses lelang dengan profesional, menjual sepeda motor Paus, untuk membantu kami,” ujar Enrico Feroci, Direktur Caritas Roma. (Kompas, tribunnews)

 

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

Podcasts
Donation
© UCAN Indonesia 2024. | Kontak | Tentang | Syarat dan Ketentuan | Privasi