UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Vatikan hentikan penjualan gereja oleh keuskupan

Pebruari 24, 2014

Vatikan hentikan penjualan gereja oleh keuskupan

 

Vatikan telah memberikan sekelompok kecil umat di Buffalo, New York, Amerika Serikat (AS), berkesempatan menyelamatkan gereja mereka sebagai tempat pelayanan rohani, setelah gereja itu ditutup oleh keuskupan setempat.

Pada 7 Januari Kongregasi Klerus Vatikan mengeluarkan keputusan yang menyatakan bahwa gereja dan Tempat Doa St. Anna, yang terletak di Broadway Avenue, Buffalo, tidak boleh dijual atau dijadikan untuk kegiatan profan.

Keuskupan Buffalo telah menutup Gereja St. Anna sebagai bagian dari proses konsolidasi paroki dan berusaha menjual gereja, biara dan sekolah di kompleks gereja itu kepada  pengembang swasta karena perbaikan membutuhkan dana sekitar US$ 8-12 juta dan keuskupan itu tidak mampu.

“Kami gembira. Kami merasa seperti kami berada di awang-awang ketika keputusan datang,” kata Carol Robinson, ketua bersama Save St. Ann’s Group.

Gereja St. Anna dan Tempat Doa, gedung neo-Gotik yang indah itu terletak di jantung kota itu, telah menimbulkan konflik di antara umat dan keuskupan akibat finansial.

Tokoh umat keuskupan itu menyatakan dukungan mereka terhadap Gereja St. Anna setelah keuskupan itu mengumumkan musim gugur lalu, namun belum ada yang  membeli properti itu.

“Gereja St. Anna adalah bagian penting dari umat kami di Kota Buffalo,” kata Senator Tim Kennedy,  yang telah menjadi salah satu tokoh umat setempat yang telah menyerukan untuk menyelamatkan gereja itu.

“Dengan keputusan Vatikan, Gereja St. Anna akan tetap berdiri, dan, kini, kita harus terus bekerja keras untuk memastikan St. Anna berdiri sebagai mercusuar harapan bagi kota Buffalo.”

Namun, Kevin Keenan, juru bicara Uskup Richard Malone, mengatakan (keputusan) yang melarang keuskupan itu menjual properti itu bisa dianulir.”

Keuskupan itu telah bekerja dengan organisasi Pelestarian Buffalo-Niagara (PBN) mencari pengembang potensial untuk mengambil alih kompleks itu.

Kini, upaya-upaya untuk menjual gereja itu telah dihentikan dengan keputusan Vatikan.

Uskup Malone telah menulis surat kepada Kongregasi Klerus dan meminta mereka untuk mempertimbangkan kembali keputusan tersebut.

Sumer: UCA News

 

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

Podcasts
Donation
© UCAN Indonesia 2024. | Kontak | Tentang | Syarat dan Ketentuan | Privasi