UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Dubes harapkan umat Kristiani Indonesia berkunjung ke Yordania saat kunjungan Paus

Mei 20, 2014

Dubes harapkan umat Kristiani Indonesia berkunjung ke Yordania saat kunjungan Paus

Raja Yordania Abdullah II disambut Paus Fransiskus saat kunjungan ke Vatikan tahun lalu.

 

Duta Besar Yordania untuk Indonesia Walid Al-Hadid mengharapkan umat Kristiani  Indonesia melakukan ziarah ke negaranya bersamaan dengan lawatan Pemimpin Takhta Suci Vatikan Paus Fransiskus  ke Amman pada 24 Mei 2014.

“Yordania yang menjunjung tinggi toleransi dan hubungan yang harmonis antar umat Islam, Kristen dan Yahudi, mempunyai sejumlah tempat wisata religi yang sangat penting bagi peziarah Muslim maupun Kristiani,” ujar Dubes Walid, seperti dilansir Antara, Senin.

Objek wisata religi itu antara lain tempat pembaptisan Yesus di daerah Betania, di tepi timur Sungai Yordania, yang akan dikunjungi oleh Paus Fransiskus saat ke Yordania pekan depan, ujarnya.

“Tidak ada masalah untuk mendapatkan visa Yordania, karena visa on arrival bisa didapat langsung ketika mendarat di lapangan terbang di Amman, atau bisa meminta visa yang selesai dalam satu hari di Kedubes Yordania,” jelas Dubes Walid. Sekitar 50.000 wisatawan Indonesia berkunjung ke Yordania pada 2013, tambahnya.

Paus Fransiskus akan diterima oleh Raja Abdullah II bin Husein dan mereka dijadwalkan akan membahas upaya peningkatan hubungan bilateral antara Yordania dan Vatikan, serta sejumlah isu untuk mempererat hubungan antara umat Islam dan Kristen.

Kunjungan Paus Fransiskus ke Yordania adalah yang pertama kali sejak menjadi Paus, dan lawatan keempat oleh pemimpin Gereja Katolik ke kerajaan Hasyimiyah tersebut setelah Paus Paulus VI tahun 1964, Paus Yohannes Paulus II tahun 2000, dan Paus Bendiktus XVI tahun 2009.

Menurut Dubes, Pemerintah Yordania memberi perhatian khusus terhadap tempat pembaptisan Yesus Kristus dan mendirikan sebuah badan independen untuk mengawasi dan mengembangkannya sebagai tempat wisata religi yang penting khususnya bagi peziarah Kristen dari seluruh penjuru dunia, jelas Dubes.

“Saya mendorong umat Kristen Indonesia untuk berziarah ke tempat-tempat suci Kristen di Yordania, seperti tempat Yesus beristirahat di Yeriko, tempat pembaptisan Yesus di tepi sungai Yordania, tempat Yesus berdoa dengan para rasul, dan gereja-gereja kuno yang mereka bangun,” ujarnya.

Dari Yordania, Paus Fransiskus akan melanjutkan perjalanannya ke Bethlehem. Kunjungan Paus itu diperkirakan akan diliput oleh sekitar 1.000 wartawan.

 

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

Podcasts
Donation
© UCAN Indonesia 2024. | Kontak | Tentang | Syarat dan Ketentuan | Privasi