UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Uskup tanam benih spiritual di sawah petani

Juli 16, 2014

Uskup tanam benih spiritual di sawah petani

Uskup Fransiskus Xaverius Vira Arpondratana menanam padi bersama para petani di Chiang Mai, Thailand.

 

Seorang uskup dari keuskupan bagian paling utara Thailand, yang sebagian besar pedesaan dan didominasi oleh warga suku,  sudah mulai bekerja di sawah bersama umatnya, seraya menjelaskan pentingnya pertanian di sana.

“Saya mencoba untuk mendorong para petani, dan mempromosikan ajaran sosial Gereja sehingga mereka dapat berkontribusi pada pembangunan manusia secara holistik, dapat bekerja untuk kebaikan bersama bagi keluarga mereka dan seluruh bangsa,” kata Uskup Fransiskus Xaverius Vira Arpondratana dari Chiang Mai kepada CNA.

Ekonomi keuskupan itu sebagian besar adalah pertanian, dan wilayah pegunungan itu tidak memiliki banyak fasilitas seperti listrik dan komunikasi modern, serta infrastruktur jalan raya.

Alasan ia mulai bekerja di sawah dengan para petani, ia mengatakan, “Sebenarnya, saya tidak ingin bekerja di sawah, tapi saya ingin mendukung mereka; dan salah satu biarawati setempat mendorong saya, seraya bertanya, mengapa Monsinyur tidak bekerja bersama kami?’ ”

Uskup Arpondratana turun ke sawah dengan penuh semangat. “Ketika seseorang bertanya, saya menjawab bahwa saya ingin membuka hati dan pikiran saya dan bersama mereka,” jelasnya.

Karya pastoral uskup itu bersama para petani telah mengilhami baik para petani maupun para katekis di Keuskupan Chiang Mai.

Prelatus itu telah mengadakan kampanye beras Prapaskah di keuskupannya dengan berpusat pada doa, tobat, dan amal.

Uskup itu merasa prihatin dengan masyarakat setempat, dan membantu mengembangkan rasa solidaritas yang kuat di antara berbagai kelompok etnis lokal.

“Saya menyadari situasi ekonomi di Eropa, jadi kami tidak bisa meminta bantuan dari sana. Kami harus membuat masyarakat memahami bahwa mereka harus saling membantu secara lokal, dan tidak hanya menerima bantuan dari jauh.”

Uskup Arpondratana, 58, ditahbiskan menjadi imam Keuskupan Agung Bangkok tahun 1981, dan melayani di sana sampai pengangkatannya sebagai uskup tahun 2009.

 

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

Podcasts
Donation
© UCAN Indonesia 2024. | Kontak | Tentang | Syarat dan Ketentuan | Privasi