UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Rumah mewah para uskup agung AS berada di bawah pengawasan

Agustus 5, 2014

Rumah mewah para uskup agung AS berada di bawah pengawasan

 

Gaya hidup mewah dari para klerus dan religius masih disoroti Paus Fransiskus. Ia pernah mengatakan bahwa “hati saya hancur” melihat para pastor dan suster memiliki mobil mewah.

Vatikan telah memberhentikan Uskup Franz-Peter Tebartz-van Elst dari Jerman – yang menghabiskan dana US$ 43 juta untuk renovasi  kediamannya yang mewah.

Sebuah penyelidikan CNN menemukan bahwa setidaknya 10 dari 34 uskup agung aktif di Amerika Serikat (AS) tinggal di rumah senilai lebih dari U$ 1 juta. Ini belum termasuk ratusan uskup agung pensiunan dan aktif di kota-kota yang lebih kecil.

Para uskup agung tersebut termasuk, Timothy Kardinal Dolan dari New York  memiliki rumah dengan luas 15.000 meter persegi di Madison Avenue.

Francis Kardinal George dari Chicago juga tinggal di tempat  yang cukup mewah. Rumah ini berada di real estate yang luasnya 1,7 hektar, sebuah lingkungan mewah di Gold Coast Chicago.

Kardinal George menempati sebuah gedung di dua tingkat teratas,  yang berbagi dengan dua uskup dan para imam. Tiga biarawati yang membantu kardinal itu  tinggal di rumah seluas 5.800  meter persegi di dekatnya.

Perwakilan Kardinal Dolan dan Kardinal George mengatakan bahwa rumah-rumah mereka dibangun lebih dari  100 tahun lalu dan digunakan sebagai kantor dan  tamu, serta pelayanan lainnya.

Mereka juga mengatakan rumah-rumah mewah itu bernilai sejarah dan tidak dapat dengan mudah dijual atau diubah untuk penggunaan lain karena satu abad lalu, umat Katolik merayakan keberhasilan Gereja mereka di AS dengan membangun rumah-rumah untuk para uskup agung mereka, kata sejarawan.

Paus Fransiskus mendesak para uskup agung untuk memfokuskan kembali pelayanan mereka, termasuk memperhatikan masyarakat miskin dan terpinggirkan.

Sumber: UCA News

 

 

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

Podcasts
Donation
© UCAN Indonesia 2024. | Kontak | Tentang | Syarat dan Ketentuan | Privasi