UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Paus imbau AS akhiri serangan di Irak

Agustus 20, 2014

Paus imbau AS akhiri serangan di Irak

 

Paus Fransiskus pada Senin (18/8) mengimbau tindakan kolektif melalui Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk “menghentikan agresi yang tidak adil” di Irak, dalam sebuah kritikan implisit atas serangan udara sepihak Amerika Serikat (AS) terhadap para pejuang Islamic State of Iraq and al-Sham (ISIS).

Ditanya tentang serangan AS baru-baru ini terhadap ISIS di Irak utara, Paus mengatakan bahwa “jika ada agresi yang tidak adil, dapat diterima untuk menghentikan penyerang yang tidak adil. Saya menekankan kata ‘berhenti’. Saya tidak mengatakan ‘bombardir’ atau ‘berperang’.”

“Satu negara tidak bisa memutuskan” sendiri bagaimana untuk mengakhiri agresi tersebut, kata Paus Fransiskus yang berbicara dalam penerbangan pulang dari Korea Selatan.

“Gagasan PBB muncul setelah Perang Dunia II. Di sanalah tempat seharusnya kita melakukan diskusi dan berkata, ‘terdapat penyerang yang tidak adil. Bagaimana kita akan menghentikannya.’”

Pekan lalu setelah ribuan warga Kristen Irak melarikan diri dari serangan para jihadis ISIS di Irak utara, Paus Fransiskus mengajukan permohonan kepada PBB untuk melakukan semua yang bisa dilakukan guna menghentikan kekerasan tersebut.

Paus Fransiskus mengatakan kepada para wartawan pada Senin bahwa dia harus memperjelas posisinya untuk pertahanan yang sah dalam menghadapi risiko genosida.

Tokoh Gereja di Irak, tempat ISIS dan kelompok militan lainnya melakukan serangan brutal, memperingatkan bahwa penganiayaan terhadap umat Kristen bisa menjadi sebuah genosida. (Satuharapan.com)

Baca juga: Iraqs-isis-crisis-poses-just-war-dilemma-for-church/71744

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

Podcasts
Donation
© UCAN Indonesia 2024. | Kontak | Tentang | Syarat dan Ketentuan | Privasi