UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Vatikan dan Vietnam akan bertemu memperbaiki hubungan

September 9, 2014

Vatikan dan Vietnam akan bertemu memperbaiki hubungan

 

Pertemuan kelima Kelompok Kerja Gabungan Vatikan-Vietnam akan diadakan pada 10-11 September di Hanoi, Vietnam.

Hubungan diplomatik penuh dan isu penghormatan terhadap kebebasan beragama, yang sangat terbatas di Vietnam, akan dibahas.

Tujuan dari pertemuan ini adalah “memperdalam dan mengembangkan hubungan bilateral di antara Vietnam dan Takhta Suci,” kata Pham Thu Hang, wakil juru bicara Kementerian Luar Negeri Vietnam.

Demikian pula, Pastor Federico Lombardi, direktur Kantor Pers Takhta Suci, mengatakan pertemuan itu akan “memperkuat dan membangun hubungan bilateral di antara Vietnam dan Takhta Suci”.

Masing-masing dipimpin oleh Bui Thanh Son, Deputi Menteri Luar Negeri, dan Mgr Anthony Camilleri, wakil sekretaris Hubungan Luar Negeri, kedua delegasi itu menetapkan untuk membahas hubungan diplomatik penuh, yang terputus setelah “pembebasan” Saigon tahun 1975, serta situasi umat Katolik Vietnam.

Setelah periode yang sangat sulit, proses pemulihan hubungan memuncak tahun 2011 terkait pengangkatan Mgr Leopoldo Girelli sebagai Duta Besar Takhta Suci untuk Vietnam non-residen.

Terkait kebebasan beragama yang telah sangat terbatas bagi umat Katolik, tetap belum terpecahkan. Umat Katolik mewakili sekitar delapan persen dari populasi Vietnam. Pada beberapa kesempatan, Takhta Suci telah mencatat pelanggaran kebebasan beragama.

Pada Maret tahun ini, Paus Fransiskus berbicara tentang situasi umat Katolik ketika ia bertemu dengan Nguyen Sinh Hung, ketua MPR Vietnam.

Ketika menerima para uskup Vietnam tahun 2009, Paus Benediktus XVI menyatakan, “Gereja berkontribusi pada pembangunan manusia dan spiritual umat, selain itu turut membangun negeri ini”.

Sumber: UCA News

 

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

Podcasts
Donation
© UCAN Indonesia 2024. | Kontak | Tentang | Syarat dan Ketentuan | Privasi