UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Paus minta maaf terkait kunjungan singkat dengan para korban topan

Pebruari 4, 2015

Paus minta maaf terkait kunjungan singkat dengan para korban topan

 

Paus Fransiskus telah meminta maaf kepada para korban topan terkait kunjungannya yang singkat ke Provinsi Leyte bulan lalu selama kunjungan pastoral ke Filipina, yang merupakan tujuan utamanya ke negara itu.

Dalam sebuah surat kepada Uskup Agung Palo Mgr John Du, Paus mengatakan dia “sangat sedih” bahwa keadaan cuaca memaksa dia mempersingkat kunjungan pastoral hanya empat jam ke daerah yang dihantam Topan Haiyan.

“Cuaca ini mempengaruhi kunjungan santai saya dengan para korban dan di katedral,” kata Paus Fransiskus.

“Saya meminta maaf atas ketidaksabaran saya pada saat itu,” tambahnya.

Hujan lebat dan angin kencang yang dibawa oleh Topan Mekkhala memaksa Paus meninggalkan Leyte menuju Manila empat jam lebih cepat dari jadwal.

Sekitar 130.000 orang berani menentang cuaca untuk menghadiri Misa pada 17 Januari yang dirayakan oleh Paus untuk korban Topan Haiyan yang menewaskan sekitar 7.500 orang dan berdampak pada jutaan orang lain ketika topan itu mendarat di Filipina pada November 2013.

“Kembali ke Roma, saya ingin menyampaikan rasa terima kasih  mendalam saya atas keramahan Anda di Keuskupan Agung Palo. Semoga Tuhan membalas kebaikan Anda dengan berkat-Nya kepada Anda,” demikian suratnya.

Paus Fransiskus berterima kasih kepada Uskup Agung Du “karena kesaksian tentang iman dan ketegaran  umat Anda yang  ditunjukkan  di tengah-tengah pencobaan tersebut.”

Surat Paus tertanggal 21 Januari itu dipublikasikan oleh Keuskupan Agung Palo pada Selasa.

Paus Fransiskus mengunjungi Filipina dari tanggal 15 hingga 19 Januari, perjalanan pastoralnya yang kedua ke Asia setelah Korea Selatan tahun lalu.

Sumber: ucanews.com

 

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

Podcasts
Donation
© UCAN Indonesia 2024. | Kontak | Tentang | Syarat dan Ketentuan | Privasi