UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Gereja Katolik sambut Tri Hari Suci

April 2, 2015

Gereja Katolik sambut  Tri Hari Suci

 

Gereja  Katolik di seluruh dunia mempersiapkan diri untuk menyambut Tri Hari Suci atas penderitaan hingga kebangkitan Yesus, Juru Selamat dunia. Tri Hari Suci merupakan rangkaian pekan suci yang dimulai dari Minggu Palma yang dirayakan pada hari Minggu, 28 Maret. Tri Hari Suci dimulai dari Kamis Putih, Jumat Agung, dan Paskah.

Berikut ini adalah penjelasan singkat tentang hari-hari dan istilah yang digunakan Gereja Katolik yang berkaitan dengan Hari Raya Paskah.

Pekan Suci

Seminggu sebelum Hari Raya Paskah dikenal sebagai Pekan Suci. Ini dimulai pada hari Minggu Palma dan seminggu yang muram dalam merefleksikan peristiwa sebelum kematian Yesus: sambutan penuh harapan dan sukacita-Nya di Yerusalem; pengkhianatan atas – Nya oleh Yudas; perjamuan terakhir dengan dua belas rasul-Nya; penangkapan, penyaliban dan kematian-Nya; serta penguburan jasad-Nya.

Minggu Palma

Pada hari Minggu Palma, umat Katolik merayakan prosesi Yesus ke Yerusalem yang terjadi beberapa hari sebelum kematiannya. Menurut Injil, orang-orang dari Yerusalem memegang cabang pohon dan dedaunan di jalan untuk menyambut Yesus saat ia menunggang seekor keledai memasuki kota Yerusalem. Saat ini umat Katolik menggunakan daun Palma saat mereka memasuki gereja pada hari Minggu Palma.

Kamis Putih

Pada Kamis Putih, Gereja Katolik  memperingati Perjamuan Terakhir Yesus bersama dengan murid-murid-Nya pada malam sebelum kematian-Nya. Selama makan, Yesus memecahkan roti dan anggur dan membagikan pada muridnya mengatakan “Inilah tubuh-Ku, diberikan untuk Anda.” Gereja Katolik menganggap acara ini menjadi inti dari Ekaristi yang merupakan salah satu sakramen dari 7 sakramen.

Pengorbanan

Meskipun saat ini kata pengorbanan, “passion” memiliki konotasi romantis, namun awalnya berasal dari kata Latin passio, yang berarti penderitaan. Dalam konteks Gereja, passion mengacu pada penyiksaan, penyaliban, dan kematian Yesus.

Tablo

Tablo adalah sebuah pemeragaan cerita Injil tentang pengadilan, penyiksaan oleh tentara Romawi, dan penyaliban Yesus, fokusnya ada pada saat Yesus membawa salib. Selama Pekan Suci, kelompok Gereja dapat menggelar pertunjukan drama jalan salib ini di gereja-gereja atau prosesi melalui jalan-jalan. Aktor yang berasal dari jemaat memainkan peran berbagai karakter dalam Injil.

Jumat Agung

Orang Kristen mengenang Jumat Agung sebagai hari Yesus disalibkan dan mati. Ini adalah hari yang paling muram dalam kalender Kristen. Pada Jumat Agung, orang Kristen menjauhkan diri dari daging atau menahan diri dari makanan sama sekali. Penganut Katolik sering mengadakan Jalan Salib (Tablo) pada hari Jumat Agung.

Triduum

Bagi umat Katolik dan beberapa komuntas Kristen lain, Triduum (Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Vigili) adalah periode tiga hari menandai sengsara, wafat dan kebangkitan Yesus. Ini dimulai pada hari Kamis Putih dan berakhir saat Paskah dimulai.

Paskah

Paskah adalah hari libur umat Kristen yang paling penting, bahkan melampaui Natal. Hari ini dikenang sebagai hari perayaan Yesus bangkit dari antara orang mati. Paskah melambangkan pengampunan, kelahiran kembali, dan kekuasaan Allah yang menyelamatkan. Umat Kristen melihat hari ini sebagai kemenangan atas dosa, kematian, dan semua kekuatan yang merusak dalam kehidupan masyarakat. (Tempo.co)

 

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

Podcasts
Donation
© UCAN Indonesia 2024. | Kontak | Tentang | Syarat dan Ketentuan | Privasi