UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Ribuan umat Katolik Medan doakan kelancaran KAA

April 20, 2015

Ribuan umat Katolik Medan doakan kelancaran KAA

 

Konferensi Asia Afrika (KAA) dibuka hari ini. Even internasional ini akan berlangsung hingga 24 April mendatang. Masyarakat Indonesia menyambut antusias pergelaran ini.

Ribuan umat Katolik di Medan, Sumatera Utara pun mendukung penuh melalui doa agar acara yang dihadiri para petinggi negara Asia Afrika ini berjalan lancar.

Doa tersebut dipersembahkan pada Misa yang dipimpin Uskup Agung Medan, Mgr Ancetus Sinaga OFMCap.

Misa yang diikuti 8.000 pelajar ini berlangsung hikmat. Rangkaian acara pun digelar cukup unik. Tarian daerah ditampilkan sebagai wujud syukur atas terlaksananya KAA yang digelar di Jakarta dan Bandung ini.

“Misa diikuti 60 sekolah Katolik Keuskupan Agung Medan. Misa menjadiwujud rasa syukur umat Katolik atas terselenggaranya KAA,” kata Ketua Yayasan Lembaga Pendidikan Katolik Kuskupan Agung Medan, Romo Bonaventura Toto SJ di Medan, Minggu (19/4/2015).

Melalui pelaksanaan KAA, Romo Toto berharap perdamaian dunia dapat terwujud.

Sebanyak 32 kepala negara atau kepala pemerintahan dan 86 utusan negara akan menghadiri KAA 2015. Berdasarkan keterangan dari Kemenlu, kepala negara atau kepala pemerintahan yang telah mengonfirmasi akan hadir dalam Peringatan Ke-60 KAA.

Negara-negara itu antara lain dari Brunei, Jordania, Tiongkok, Korea Utara, Iran, Madagaskar, Malawi, Myanmar, Namibia, Sudan, Timor Leste, Vietnam, Zimbabwe, Banglades, Kamboja, Mesir, Gabon, Malaysia, Nepal, Pakistan, Palestina, Singapura, dan Thailand.

Sementara itu, enam wakil kepala negara atau wakil kepala pemerintahan yang telah mengonfirmasi untuk menghadiri KAA adalah Aljazair, Angola, Liberia, Filipina, Seychelles, dan Zambia.

Selanjutnya, dalam pertemuan KAA, juga akan hadir perwakilan dari enam organisasi internasional, yaitu Asian Development Bank (ADB), Uni Afrika, ASEAN, PBB, Liga Negara Arab, dan South Center.

Peringatan 60 tahun KAA digelar di Jakarta dan Bandung pada 19-24 April. Pada 19 April, diadakan pertemuan pejabat tingkat tinggi (senior official meeting) kawasan Asia Afrika. Kemudian, acara dilanjutkan dengan pertemuan tingkat enteri pada 20 April. Pada 21-22 April, diselenggarakan pertemuan puncak bisnis kawasan Asia Afrika (Asia Africa Business Summit).

Selanjutnya, pada 22 April, digelar pelaksanaan KTT hari pertama. Pada 23 April, pelaksanaan KTT hari kedua, direncanakan akan ada jamuan makan malam oleh Jokowi untuk para kepala negara. Pada 24 April, hari terakhir rangkaian pelaksanaan KAA, akan dilakukan napak tilas (historical walk) KAA oleh para kepala negara di Bandung. (metrotvnews.com/kompas.com)

 

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

Podcasts
Donation
© UCAN Indonesia 2024. | Kontak | Tentang | Syarat dan Ketentuan | Privasi