UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Vatikan akan menandatangani kesepakatan pertama dengan Negara Palestina

Mei 15, 2015

Vatikan akan menandatangani kesepakatan pertama dengan Negara Palestina

Bendera Pelestina

 

Vatikan mengatakan pada Rabu pihaknya akan menandatangani kesepakatan pertama dengan Palestina, dua tahun setelah wilayah itu secara resmi diakui sebagai sebuah negara.

“Komisi bilateral – Takhta Suci dan Negara Palestina –  bekerja untuk sebuah kesepakatan  komprehensif” terkait kehidupan dan pelayanan Gereja Katolik di Palestina, kesepakatan tersebut sedang dalam proses pembahasan akhir, kata Vatikan.

“Perjanjian tersebut akan diserahkan kepada pihak berwenang masing-masing untuk disetujui, kemudian akan  ditandatangani.”

Sementara itu akan menjadi pertama kalinya Gereja Katolik menandatangani perjanjian dengan Negara Palestina, dimana Vatikan telah mengakui  negara itu sejak Februari 2013.

“Takhta Suci telah mengakui  Negara Palestina setelah  jajak pendapat dalam majelis umum PBB  yang mengakui negara itu pada November 2012, kata juru bicara Vatikan Federico Lombardi.

“Dalam direktori tahunan perwakilan Palestina disebut sebagai wakil dari Negara Palestina,” katanya.

Israel langsung bereaksi  karena pihaknya  kecewa dengan berita tersebut.

“Israel merasa kecewa dengan keputusan Takhta Suci yang setuju dengan formulasi akhir kesepakatan dengan Palestina termasuk penggunaan istilah ‘Negara Palestina’,” kata seorang pejabat kementerian luar negeri Israel dalam sebuah pernyataan.

Perjanjian yang ditunggu  selama 15 tahun itu mungkin akan ditandatangani pekan ini selama kunjungan Presiden Palestina Mahmoud Abbas ke Vatikan untuk kanonisasi dua biarawati  asal Palestina.

Kesepakatan ini mengungkapkan bahwa Vatikan “berharap solusi untuk Palestina dan konflik antara Israel dan Palestina menurut  Solusi Dua Negara itu,” kata  Monsignor Antoine Camilleri, wakil Menteri Luar Negeri  Vatikan.

Dalam sebuah wawancara dengan surat kabar L’Osservatore Romano, Camilleri mengatakan dia berharap “kesepakatan itu bisa berjalan, bahkan secara tidak langsung, membantu pembentukan dan pengakuan negara Palestina yang merdeka, berdaulat dan demokratis.”

Posisi Vatikan dilihat oleh Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) sebagai pengakuan “resmi”.

Otoritas Palestina menganggap Vatikan sebagai salah satu dari 136 negara yang telah mengakui Palestina sebagai sebuah negara.

Sumber: ucanews.com

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

Podcasts
Donation
© UCAN Indonesia 2024. | Kontak | Tentang | Syarat dan Ketentuan | Privasi