UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Wapres JK berencana temui Paus Fransiskus di New York

September 25, 2015

Wapres JK berencana temui Paus Fransiskus di New York

 

Wakil Presiden Jusuf Kalla berencana menemui Paus Fransiskus di sela-sela acara pembukaan Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York, Amerika Serikat, pada Jumat (25/9/2015).

“Ya, kita lihat nanti,” ujar JK menjawab pertanyaan Kompas saat transit di Bandara Internasional Dubai, Uni Emirat Arab, Rabu (23/9/2015), sebelum terbang ke New York, AS.

Paus Fransiskus juga dijadwalkan berpidato pada acara pembukaan Sidang Majelis Umum PBB tersebut. Sementara itu, JK menggantikan Presiden Joko Widodo untuk berpidato di Sidang Majelis Umum yang akan berlangsung mulai 25 September hingga 2 Oktober mendatang.

Adapun Juru Bicara Wapres Kalla Abdullah Husain menyatakan, rencana Wapres JK menemui Paus akan diupayakan dalam pertemuan setahun sekali pemimpin negara-negara di dunia di PBB.

“Kalau ada kesempatan, tentu kita upayakan. Semoga saja ada kesempatan meski tak dijadwalkan,” ujarnya.

Paus Fransiskus dijadwalkan memberi sambutan selama 30 menit pada pembukaan Sidang Umum PBB, Jumat besok. Selain Paus, tokoh lain yang akan memberi sambutan adalah pemenang Nobel Perdamaian, Malala Yousafzai.

JK juga dijadwalkan hadir pada sejumlah pertemuan lain yang dihadiri para kepala negara dan pemimpin dunia, seperti Presiden Kuba Raul Castro dan Sekjen PBB Ban Ki-moon.

Wapres juga akan menghadiri sidang umum yang akan mengadopsi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) 2015 sebagai kelanjutan dari program Milenium Pembangunan Berkelanjutan (Millenium Development Goals/MDGs), serta Peacekeeping Summit, pertemuan persamaan jender dan aksi bersama dalam pemberdayaan perempuan, perlawanan terhadap ISIS, dan aksi-aksi radikal, juga agenda perubahan iklim. (Kompas.com)

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

Podcasts
Donation
© UCAN Indonesia 2024. | Kontak | Tentang | Syarat dan Ketentuan | Privasi