UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Sumber mengkonfirmasi ada pertemuan Vatikan-Tiongkok di Beijing

Oktober 19, 2015

Sumber mengkonfirmasi ada pertemuan Vatikan-Tiongkok di Beijing

 

Pembicaraan putaran kedua Tiongkok-Vatikan baru-baru ini diadakan di Beijing, demikian sumber-sumber yang telah mengkonfirmasikan kepada  ucanews.com.

Pertemuan itu diadakan terkait tindakan represif terhadap agama di Tiongkok, di mana pemerintah pusat mempromosikan kebijakan “sinisisasi” agama di Tiongkok, yang berusaha membatasi pengaruh asing.

Laporan muncul dari Provinsi Sichuan bahwa para pejabat agama pemerintah menuntut para imam menyampaikan penjelasan tertulis tentang pemahaman mereka terkait sinisisasi dan bagaimana kaitannya dengan Gereja.

Dengan latar belakang ini, delegasi Vatikan datang ke Beijing pada 11 Oktober.

Menurut beberapa sumber, pertemuan itu telah selesai  dan delegasi Vatikan telah meninggalkan Tiongkok.

Tidak ada informasi tentang apa yang dibahas atau siapa yang terlibat dalam pertemuan itu.

Sumber mengatakan kepada ucanews.com bahwa pertemuan itu kemungkinan besar antara para anggota diplomatik dari kedua belah pihak, serta para pejabat terkait Urusan Agama Pemerintah Tiongkok.

Sekretaris Negara Vatikan Kardinal Pietro Parolin menghadiri pembicaraan sebelumnya yang diadakan di Tiongkok tahun 2009 ketika itu ia menjabat sebagai wakil Menteri Luar Negeri Vatikan, kata sumber itu.

“Saya tidak tahu para pejabat yang terlibat, tetapi kemungkinan dari dua kantor yang bertanggung jawab untuk urusan Gereja-gereja Kristen,” kata sumber itu tentang delegasi Tiongkok.

Negosiasi juga terjadi tak lama setelah pada 8 Oktober sebuah artikel diterbitkan di Zhongguo Mingzu Bao, sebuah surat kabar negara itu pada rubrik  agama dan etnis, mengatakan bahwa semua urusan agama di Tiongkok harus ditangani oleh Tiongkok dan  tidak perlu keterlibatan asing.

Artikel tersebut juga mengatakan bahwa negara harus mengatur batas-batas administratif keuskupan – salah satu poin pembicaraan utama, termasuk pengangkatan uskup – di antara Vatikan dan Tiongkok.

Tahun 2007, Paus Benediktus XVI mengakui dalam sebuah surat kepada umat Katolik di Tiongkok bahwa Vatikan siap menyelesaikan  masalah provinsi gerejawi dengan otoritas pemerintah.

Pada  September, Paus Fransiskus  mengatakan kepada para wartawan bahwa pembicaraan tentang hubungan di antara Vatikan dan Tiongkok “ada kemajuan.”

Sumber: ucanews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi