UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Salib IYD mulai diarak dari Paroki Santa Maria Bunda Hati Kudus di Palu

Januari 4, 2016

Salib IYD mulai diarak dari Paroki Santa Maria Bunda Hati Kudus di Palu

 

Umat Paroki Santa Maria Bunda Hati Kudus Palu serentak berdiri ketika salib Indonesian Youth Day (IYD, Hari Kaum Muda se-Indonesia) yang diselenggarakan 1 sampai 6 Oktober 2016 diarak di dalam gereja paroki itu, Jumat (1/1).

Umat Paroki Santa Maria Bunda Hati Kudus Palu serentak berdiri ketika salib IYD yang diselenggarakan pada 1-6 Oktober 2016 diarak di dalam gereja paroki itu, Jumat (1/1) dalam satu bagian Misa Tahun Baru, Hari Raya Santa Maria Bunda Allah dan Perdamaian se-dunia yang dipimpin oleh Uskup Manado, Mgr Joseph Suwatan MSC .

Suasana bangga, dan haru terasa ketika salib yang dikawal empat salib lain yang lebih kecil itu berputar di dalam gereja diiringi lagu berjudul “Karena Kita” yang dibawakan sangat apik oleh Laurentius Tambing, OMK paroki ini.

Sebelumnya selubung salib dibuka oleh Uskup Suwatan. Ia menyerahkannya kepada vikaris episcopalis (vikep) Kevikepan Palu Pastor Laurentius Karamoy dan vikep itu menyerahkan kepada Pastor Paroki Santa Maria Bunda Hati Kudus Palu, Pastor Made Putrayasa. Pastor Made menyerahkan kepada ketua OMK Paroki Billy Kusnadi.

Pastor Laurentius mengatakan dari Santa Maria, salib akan diarak ke Paroki Santo Paulus Palu. Dari Palu salib akan diarak ke Paroki Santo Thomas Modo.

“Dari Paroki Santo Thomas Modo salib akan diarak ke Paroki Kristus Raja Toli-toli. Dari Toli-toli salib akan diarak ke Santo Petrus Kota Raya diteruskan ke Santo Petrus Tolai, kemudian Santa Theresia Tentena, Santa Maria Penolong Abadi Beteleme. Dari sana salib akan dibawa ke Paroki Sambiut,” katanya, seperti dilansir tribunnews.com.

Uskup Suwatan mengatakan pada kata pengantar pada Kamis (31/12) malam mereka mensyukuri pergantian tahun dari tahun 2015 ke 2016.

“Gereja dalam tata liturgi menempatkan Hari Raya untuk Santa Perawan Maria Bunda Allah. Dengan itu kita berharap tahun ini kita mendapatkan perlindungan Santa Maria Bunda Allah karena ia melahirkan Yesus Kristus, Putra Allah,” katanya.

Di hari ini juga, kata uskup, Paus Yohanes Paulus II telah menetapkan adanya Hari Perdamaian sedunia.

“Ia ingin dalam permulaan tahun semua diajar berpikir untuk perdamaian,” katanya.

Di kalangan OMK, kata uskup, ada kegiatan menyongsong IYD. Kegiatan itu ialah perarakan salib.

“Nantinya OMK se-Indonesia berkumpul bersama, OMK yang percaya karena salib Yesus Kristus kita diselamatkan. Mereka diminta untuk mewartakan salib dan dalam perjalanan hidupnya di kuatkan dengan salib,” katanya.

Ia mengajak semua mengarak salib itu di 63 paroki walau tidak semua bisa mendapatkan giliran. Ia ingin agar berkat salib dicurahkan pada OMK.

Dalam renungan, ia mengatakan pada hari pertama tahun yang baru, Gereja mengajak kita untuk merenungkan peran Bunda Maria yang menjadi Bunda Allah. Ia menjadi pelaksana cinta kasih dan kerahiman ilahi.

“Allah ialah cinta kasih dan kerahiman. Karena itu tahun ini Paus Fransiskus membuka tahun yubileum kerahiman bagi seluruh dunia,” katanya.

Karena begitu kerahiman Allah, Bapa Suci (Paus) memberi perhatian akan situasi umat manusia. Menurutnya Paus menemukan di media banyak terpampang cerita kekerasan.

Dalam perbandingan dengan dunia sekarang, kata uskup, Yesus bisa disebut lahir mengenaskan. Tapi karena keinginannya menjadi manusia lemah, Ia bisa menyentuh orang kecil dan sederhana.

Umat diminta untuk tidak mencari hidup untuk diri sendiri. Mereka diminta untuk peka juga dalam ambil bagian dalam perdamaian sedunia.

“Dalam semangat ini salib menjadi simbol. Tanda OMK menyadari bahwa Yesus Kristus yang membawa keselamatan dengan berkorban diri dengan wafat di kayu salib,” katanya.

Salib yang dibuat dari rotan Gorontalo ini kata uskup menjadi simbol Gereja yang universal. Rotan merupakan ciri khas daerah.

 

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

Podcasts
Donation
© UCAN Indonesia 2024. | Kontak | Tentang | Syarat dan Ketentuan | Privasi