UCAN Indonesia Catholic Church News

Gua Maria Sendangsono, wisata religi umat Katolik

26/01/2016

Gua Maria Sendangsono, wisata religi umat Katolik thumbnail

 

Bagi yang menyukai wisata-wisata religi, banyak tempat-tempat menarik yang dapat dikunjungi di Indonesia. Tidak hanya bagi kalangan umat Islam yang mayoritas, umat Proyestan, Katolik, Hindu, Buddha dan yang lainnya juga memiliki destinasi wisata religi.

Salah satunya dalam tempat wisata religi yang dijadikan tempat ziarah umat Katolik, yakni Sendangsono. Komplek Sendangsono dikenal sebagai tempat yang begitu syahdu. Tempat peribadatan umat Katolik ini memiliki paduan arsitektur dan alam terlihat begitu cantik.

Sendangsono merupakan tampat ziarah untuk agama Katolik karena disana terdapat Gua Maria. Sebagai tempat ziarah favorit, Sendangsono selalu kedatangan banyak pengunjung setiap harinya, dan akan meningkat pada akhir pekan. Pada Mei dan Oktober peziarah akan lebih ramai lagi karena merupakan Bulan Maria dan Bulan Rosario.

Keberadaan Sendangsono tak luput dari peran Romo Van Lith SJ, rohaniawan Belanda yang lama tinggal di Pulau Jawa. Hal itu juga menandakan bahwa Sendangsono tidak bisa dilepaskan dari lingkaran sejarah Gereja Katolik di Pulau Jawa mengingat Romo Van Lith sendiri merupakan salah satu rohaniwan yang menyebarkan ajaran Katolik di Pulau Jawa.

Pada 14 Desember 1904 silam Romo Van Lith membaptis 171 warga setempat dengan air dari kedua pohon sono, termasuk Bapak Barnabas sebagai katekumen pertama. Dua puluh lima tahun kemudian tepatnya 8 Desember 1929 Sendangsono dinyatakan resmi menjadi tempat penziarahan oleh Romo J.B. Prennthaler SJ.

Pada 1945 Pemuda Katolik Indonesia berkesempatan berziarah ke Lourdes, dari sana mereka membawa batu tempat penampakan Bunda Maria untuk ditanamkan di bawah kaki Bunda Maria Sendangsono sebagai reliqui sehingga Sendangsono disebut Gua Maria Lourdes Sendang Sono.

Dibangun secara bertahap sejak tahun 1974, hanya dengan mengandalkan sumbangan umat. Budayawan dan rohaniawan, YB Mangunwijaya yang memberi sentuhan arsitektur. Konsep pembangunan kompleks Sendangsono ini bernuansa Jawa, ramah lingkungan. Bahan bangunannya memanfaatkan hasil alam.

Tahun 1991, kompleks bangunan Sendangsono mendapat penghargaan arsitektur terbaik dari ikatan arsitek Indonesia, untuk kategori kelompok bangunan khusus.

Di dalam komplek Sendangsono dibagi menjadi dua bagian – area pelataran dan area central. Area pelataran biasa digunakan untuk para peziarah untuk beristirahat sesudah atau sebelum melakukan ritual.

Karena untuk mencapai Gua Maria Sendangsono, kita harus menempuh perjalanan selama 2 jam dari Kota Jogja, melintasi jalan perbukitan yang tidak terlalu besar. Sedangkan di area central terdapat Gua Maria yang biasa digunakan untuk melakukan ritual doa.

Di dalam area ini para pengunjung diharapkan dapat menjaga sikap hening dan tenang agar tidak mengganggu pengunjung lain yang sedang berdoa.

Di area Gua Maria terdapat banyak lilin dan bunga-bunga yang biasanya dibawa oleh penunjung. Di sebelah Gua Maria terdapat Kapel Tritunggal Mahakudus yang memiliki atap sebanyak tiga lapis yang menggambarkan Trinitas dalam ajaran Katolik.

Keindahan arsitektur Sendangsono pernah meraih Aga Khan Award tahun 1991. Komplek Ziarah Sendangsono dirancang oleh Romo Mangun Wijaya yang juga merupakan arsitek kondang di Indonesia. Sendangsono berhasil memadukan antara keindahan arsitektur berdampingan degan kendahan alam yang membuatnya sangat nyaman untuk di kunjungi.

Tempat wisata ini tidak hanya dikagumi umat Katolik, tetapi juga para arsitektur dan penggemar karya arsitektur. Lokasi kompleks ini berada di Desa Banjaroyo, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta. Gua Maria Sendangsono dikelola oleh Paroki St. Maria Lourdes di Promasan.

Pada 17 Oktober 2004, diadakan prosesi dan Misa Kudus, yang dipimpin Mgr Ignatius Suharyo  untuk memperingati 100 tahun Sendangsono. (iBerita.com/wikipedia)

Foto: sabdatamatours.wordpress.com

One Comment on "Gua Maria Sendangsono, wisata religi umat Katolik"

  1. alat pemadam api on Sun, 9th Jul 2017 1:09 am 

    Gua Maria Sendangsono, wisata religi umat Katolik masa saya baru tau ada. trims udah berbagi info. izin saya bagikan di facbook




Jangan lewatkan
Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini
Invite a Friend
  1. Pastor China Dipenjara Kasus Pencurian, Umat Mengatakan Dia Dijebak
  2. Diduga Karena Tekanan, Pemerintah Menutup Sebuah Misi Katolik di India
  3. Gempa Meksiko Menewaskan 11 Orang Saat Acara Pembaptisan
  4. Renungan Hari Minggu XXV Tahun A – 24 Sept 2017
  5. Partai Khunto Mundur, Timor-Leste Dipimpin Koalisi Minoritas
  6. Mgr Adrianus Sunarko Ditahbiskan Uskup Pangkalpinang Akhir Pekan Ini
  7. Paus Ingatkan Uskup Jepang agar Tidak Melupakan Martir
  8. Tidak Diperhatikan, Milisi Ancam Tutup Perbatasan RI-Timor Leste
  9. Uskup Hong Kong Beberkan Cara Menghadapi China
  10. Pastor Salesian Ini Mengisahkan Penangkapan dan Pembebasannya
  1. Terima kasih atas masukannya Romo. Salam hangat...
    Said cnindonewsletter on 2017-09-18 16:37:16
  2. Koreksi: Sejak Oktober 2016, Superior Generale CDD bukan lagi R.P. Jhon Cia, ...
    Said Yustinus CDD on 2017-09-18 11:19:22
  3. Suster, perkenalkan saya Dame. Saya berumur 25 tahun dan saya sudah baptis katol...
    Said Parningotanna Dameria Siahaan on 2017-09-15 14:17:52
  4. kalau ada pohon yang tumbang sebab angin kencang, maka jangan salahkan angin yan...
    Said mursyid hasan on 2017-09-13 00:02:54
  5. Salam Kenal Sahabat seiman, Nama sy Antonius, tinggal di Jakarta Indonesia. Sy...
    Said Antonius on 2017-09-10 21:25:14
  6. Selamat siang Romo Indra Sanjaya. Di Wahyu 13:1 kitab deuterokanonik ada salah t...
    Said agus eko on 2017-09-10 14:04:11
  7. Infonya sangat bermanfaat. Semoga umat Katolik makin mencintai kitab suci.......
    Said Deo Reiki on 2017-09-07 08:31:09
  8. Selamat siang, Jika boleh saya meminta nomer telp ibu Angelic Dolly Pudjowati...
    Said Cornellia on 2017-09-04 15:26:00
  9. sejarah masa lalu, yang masih belum jelas keputusan dari Pemerintah, dan belum j...
    Said ANTONIUS NAIBAHO on 2017-09-02 17:16:52
  10. religius sendiri sangat erat kaitannya kepada seluruh kegiatan umat termasuk lin...
    Said ANTONIUS NAIBAHO on 2017-09-02 17:04:35
UCAN India Books Online