UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Maarif Award 2016 mencari pejuang kemanusiaan dan toleransi

Pebruari 17, 2016

Maarif Award 2016 mencari pejuang kemanusiaan dan toleransi

Romo Charles Patrick Edward Burrows OMI, akrab disapa Romo Carolus berpidato saat menerima Maarif Award 2012 di Jakarta.

 

Sejak tahun 2007, Maarif Institute memberikan penghargaan kepada orang-orang yang memiliki keteladanan, kepemimpinan lokal dan komitmen terhadap nilai-nilai kebhinnekaan, anti kekerasan serta anti diskriminasi.

“MAARIF Award ini merupakan ikhtiar menemukan pribadi-pribadi penggerakdan tangguh yang berjuang untuk kemanusiaan di tingkat akar rumput,” ujar juri MAARIF Award 2016 Noordjanah Johantini yang juga Ketua Umum Aisyiah, seperti dilansir  Tribunnews.com, Rabu (10/2/2016).

Hingga saat ini, kekerasan dan diskriminasi berdasarkan agama masih menjadi momok besar dalam kehidupan beragama di Indonesia. Misalnya, kasus pengusiran terhadap jemaat Ahmadiyah yang terjadi di beberapa daerah di Indonesia. Belakangan terjadi di Jemaat Ahmadiyah di Bangka. Hal yang sama terjadi terhadap anggota eks Gafatar di Kalimantan. Mereka diusir, dan tempat tinggal mereka di bakar oleh ratusan massa.

“Di tengah persoalan besar tersebut, Indonesia membutuhkan figur-figur yang memperjuangkan nilai-nilai kemajemukan, keindonesiaan, dan kemanusiaan untuk menyuntikkan harapan baru,” ujar Manajer Program Maarif Institute, Khelmy K Pribadi, melalui keterangan tertulis, Rabu (10/2/2016).

Figur yang dibutuhkan, lanjut Khelmy, juga harus bisa menjadi model untuk penguatan dan pemberdayaan masyarakat sipil dalam upaya pencegahan kekerasan sektarian, sekaligus menjembatani hubungan antar-agama di kalangan masyarakat akar rumput.

“Berangkat dari kebutuhan itu, Maarif Institute kembali mengundang publik untuk mengusulkan nama-nama yang dinilai pantas menerima Maarif Award 2016,” ungkapnya.

Masyarakat yang ingin mengusulkan nama sesuai kriteria dapat mengunduh formulir pendaftaran di www.maarifinstitute.org. Pengiriman berkas pencalonan diterima selambatnya pada 15 Maret 2016 dan dikirimkan melalui surat elektronik ke maarif@maarifinstitute.org atau dikirim langsung ke sekretariat MAARIF Institute Jl. Tebet Barat Dalam 2 No. 6 Tebet, Jakarta Selatan 12810. (icrp-online.org)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi