UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Keuskupan Hong Kong menyerukan penyelidikan bentrokan

Maret 23, 2016

Keuskupan Hong Kong menyerukan penyelidikan bentrokan

 

Komisi Keadilan dan Perdamaian Keuskupan Hong Kong menuntut agar pemerintah membentuk sebuah komite independen untuk menyelidiki bentrokan di antara polisi dan pengunjuk rasa yang terjadi selama Tahun Baru Cina (Imlek).

Bentrokan itu pecah pada 8 Februari di antara polisi dan warga setempat yang memprotes penghapusan penjualan makanan tanpa izin di Kabupaten Mongkok, Hong Kong. Polisi melepaskan dua tembakan peringatan ketika para demonstran menyalakan api dan menyerang petugas.

Puluhan orang ditangkap dan mengalami luka-luka dalam kekerasan terburuk di Hong Kong itu yang telah terlihat sejak protes pro-demokrasi tahun 2014.

Komisi Keadilan dan Perdamaian mengedarkan petisi kepada umat menuntut pemerintah membentuk sebuah komite independen, yang memungkinkan pihak berwenang untuk melakukan penyelidikan yang menyeluruh penyebab protes dan kekerasan serta bagaimana mencegahnya di masa depan.

Dewan Legislatif Hong Kong mengumumkan pada 16 Maret bahwa pihaknya akan membentuk sebuah komite untuk menyelidiki bentrokan itu. Tapi, anggota Komisi Keadilan dan Perdamaian Susanna Lee mengatakan penyelidikan dewan adalah internal. Komisi mencari investigasi independen.

Uskup Auksilier Hong Kong Mgr Joseph Ha Chi-shing juga mendesak pemerintah untuk membentuk komite untuk menyelidiki apa yang menyebabkan protes dan kekerasan.

Protes itu dipicu oleh upaya polisi untuk menghapus penjualan makanan ilegal di jalan-jalan Mongkok selama perayaan Imlek. Sementara para pedagang tanpa izin, kehadiran mereka dianggap sebagai tradisi lokal. Para pengunjuk rasa melihat tindakan keras oleh Beijing melanggar pada kehidupan dan budaya Hong Kong, lapor AP.

Ketika para polisi bergerak, pengunjuk rasa melempari mereka dengan batu bata dan puing-puing lainnya. Setidaknya 24 orang ditangkap. Kepala Eksekutif Hong Kong Leung Chun-ying mengatakan 80 aparat dan empat wartawan mengalami luka-luka, lapor AP.

Sumber: ucanews.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi