UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Sebuah universitas Katolik termasuk lima kampus Indonesia dipilih Uni Eropa untuk Proyek Indoped

April 13, 2016

Sebuah universitas Katolik termasuk lima kampus Indonesia dipilih Uni Eropa untuk Proyek Indoped

 

Lima institusi pendidikan di Eropa bersama enam institusi pendidikan sedang mengembangkan program Indoped, yakni sebuah proyek yang didanai Uni Eropa (EU) untuk mengakomodasi pengembangan pendidikan, baik di dalam negeri maupun Eropa.

Tak tanggung-tanggung, guna mendukung proyek tersebut, Uni Eropa menggelontorkan dana sebesar 1 juta euro untuk tiga tahun ke depan.

Dari enam institusi pendidikan Indonesia, lima di antaranya merupakan kampus, baik negeri maupun swasta. Adapun kampus tersebut adalah Binus University International (BUI), Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Katolik Widya Mandala (UKWM), dan Universitas Syiah Kuala (Unsyiah). Sedangkan satu institusi lainnya adalah Southeast Asian Ministers of Education Organization Regional Open Learning Centre (SEAMOLEC).

Head of Indoped Project Harry Lappalainen menjelaskan, ada alasan tersendiri lima kampus tersebut dilibatkan dalam proyek ini. Dia mengungkapkan, setiap kampus itu memiliki karakteristik berbeda.

“Ada dua alasan mendasar mengapa kami memilih lima kampus tersebut. Pertama, tipe kampus yang berbeda; dan kedua, menyangkut wilayah,” tuturnya dalam konferensi pers Opening Ceremony Indoped di Binus University International, di Jakarta, Selasa (12/4/2016), seperti dilansir Okezone.com.

Di UIN Syarif Hidayatullah, ucap Harry, merupakan kampus yang berlatar belakang agama Islam. Sebaliknya pada UWMK berlatar belakang Katolik. Sedangkan UNY merupakan salah satu kampus negeri ternama di Tanah Air.

“Binus University International sudah menerapkan metode pembelajaran student center learning. Sedangkan Unsyiah adalah universitas negeri yang keislamannya juga kuat,” paparnya.

Dengan keberagaman tersebut akan mudah menemukan kebutuhan setiap kampus berikut metode yang tepat untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Pada proyek Indoped sendiri, lanjut Harry, terdapat dua area yang akan diperkuat, yakni cara belajar-mengajar dan hubungan antara universitas dan industri.

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

Podcasts
Donation
© UCAN Indonesia 2024. | Kontak | Tentang | Syarat dan Ketentuan | Privasi