UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Vatikan ingin  pembentukan kelompok kerja dalam pembicaraan dengan Tiongkok

Mei 13, 2016

Vatikan ingin  pembentukan kelompok kerja dalam pembicaraan dengan Tiongkok

 

Vatikan mengadakan pertemuan kedua dengan para pejabat Partai Komunis Tiongkok tahun ini, hanya beberapa hari setelah Presiden Tiongkok Xi Jinping menetapkan cetak biru tentang pengelolaan agama selama Konferensi Nasional tentang Pekerjaan Keagamaan di negara itu.

Konferensi itu diadakan di Beijing, yang berlangsung 22-23 April silam.

Pertemuan tertutup itu diyakini telah diadakan di Beijing minggu terakhir bulan April lalu, demikian sumber-sumber Gereja di Beijing, Hong Kong dan Roma.

Sementara beberapa rincian yang telah dibuat dari pertemuan tingkat tinggi tentang  agama – yang pertama dalam 15 tahun – tampaknya Tiongkok mungkin memperketat kontrol terhadap kehidupan beragama dalam berbagai aspek dalam nama “sinisisasi.”

Paus Fransiskus telah bertekad  bahwa ia akan terus melakukan pemulihan hubungan dengan Tiongkok, yang merupakan prioritas utama untuk kepausannya, memimpin Vatikan  melanjutkan dialog dengan Tiongkok pada Juni 2014. Pembicaraan selanjutnya telah berlangsung 11-16 Oktober dan 25-26 Januari.

“Saya merasa itu luar biasa bahwa segera setelah pertemuan putaran terakhir pada Januari, putaran kedua ini sedang berlangsung,” kata sumber yang meminta untuk tidak menyebutkan namanya, yang mengkonfirmasikan pertemuan terbaru.

Sumber Gereja lain, yang meminta untuk tidak menyebutkan namanya, mengatakan kepada ucanews.com bahwa Vatikan tidak akan terburu-buru untuk mencari kesepakatan, melainkan pihaknya mengusulkan untuk mengatur kelompok kerja sehingga kedua belah pihak dapat mempelajari isu-isu pelik satu per satu.

Sumber: ucanews.com

 

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

Podcasts
Donation
© UCAN Indonesia 2024. | Kontak | Tentang | Syarat dan Ketentuan | Privasi