UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Romo Magnis nilai korupsi jadi sumber disintegritas Indonesia

Juni 20, 2016

Romo Magnis nilai korupsi jadi sumber disintegritas Indonesia

 

Romo Franz Magnis-Suseno SJ mengatakan, ancaman yang paling besar bagi bangsa Indonesia tidak terdapat pada tindakan ekstremisme maupun terorisme.

Romo Magnis menilai korupsi merupakan ancaman terbesar bagi bangsa Indonesia.

Hal itu disampaikan Romo Magnis saat menjadi salah satu pembicara dalam Konvensi Anti-Korupsi 2016 yang digelar oleh Pemuda Muhammadiyah.

“Saya anggap korupsi sebagai ancaman yang paling besar. Ekstremisme tak akan pernah punah. Itu tetap ada. Tapi anak-anak kita di masa depan tidak akan menjadi redikal,” kata Romo Magnis di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Jakarta, Sabtu (18/6/2016), seperti dilansir Kompas.com.

Menurut Romo Magnis, korupsi dapat memicu disintegrasi masyarakat Indonesia. Para pelaku korupsi akan membuat jejaring yang tidak menguntungkan masyarakat.

Selain itu, di tataran ekonomi, korupsi membuat melambatnya pembangunan. Romo Magnis menilai pembangunan yang dikorupsi tidak akan bertahan lama untuk menunjang kehidupan masyarakat.

“Contohnya buat jembatan, belum sepuluh tahun ambruk. Tidak hanya nilai yang masuk ke jembatan hilang tapi juga fungsi ekonomisnya. Sekolah yang setiap lima tahun mesti diperbaiki,” kata dia.

“Apapun yang dikerjakan oleh korupsi bisa rusak setahun. Tanpa korupsi bisa dua puluh tahun. Sedangkan yang bayar pembangunan itu adalah rakyat kecil,” tambah Romo Magnis.

 

One response to “Romo Magnis nilai korupsi jadi sumber disintegritas Indonesia”

  1. Jenny Marisa says:

    Romo Magnis mengatakan terus terang, yang mungkin tidak enak didengar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi