UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Vatikan angkat uskup baru untuk Hiroshima dan Ho Chi Minh

Juli 1, 2016

Vatikan angkat uskup baru untuk Hiroshima dan Ho Chi Minh

Pastor Alexis Mitsuru Shirahama, 54, diangkat sebagai Uskup Hiroshima.

 

Pada hari yang sama mantan uskup Hiroshima meninggal, seorang uskup baru diangkat untuk Keuskupan Hiroshima, yang memiliki sekitar 21.000 umat Katolik.

Takhta Suci mengumumkan pada 28 Juni bahwa Paus Fransiskus mengangkat Pastor Alexis Mitsuru Shirahama, 54, sebagai Uskup Hiroshima.

Salah satu pendahulunya, pensiunan Uskup Joseph Atsumi Misue, 80, meninggal akibat serangan jantung pada pagi dini hari di hari yang sama.

Keuskupan itu tidak memiliki uskup sejak penerus Uskup Misue ini, Uskup Agung Thomas Aquinas Manyo Maeda, dipindahkan dari Hiroshima ke Osaka pada Agustus 2014.

Ketiga prelatus itu adalah para imam dari keuskupan agung Nagasaki.

Uskup (terpilih) Shirahama ditahbiskan menjadi imam tahun 1990 dan belajar di Kanada dan Prancis hingga tahun 1995.

Setelah kembali ke Jepang tahun 1995, ia bertugas di seminari tinggi di Fukuoka dan Tokyo, yang kemudian tahun 2009 didirikan menjadi Seminari Katolik Jepang.

Uskup (terpilih) Shirahama adalah rektor seminari tinggi, di bawah Konferensi Waligereja Jepang, sejak 2012.

Keuskupan Agung Ho Chi Minh

Paus Fransiskus pada 25 Juni menunjuk seorang mantan profesor seminari sebagai uskup pembantu keuskupan agung Ho Chi Minh.

Sebelum pengangkatanya, Pastor Joseph Do Manh Hung menjabat sebagai kanselir dari keuskupan agung itu dan sekretaris Uskup Agung Paul Bui Van Doc dari Kota Ho Chi Minh.

Lahir tahun 1957 di Saigon, sekarang Kota Ho Chi Minh, Pastor Hung memasuki Seminari Saigon tahun 1968 dan selesai studinya di seminari tinggi tahun 1982.

Dia bekerja di peternakan milik pemerintah dan koperasi dan menyelesaikan kursus bahasa Perancis dan bahasa Inggris di malam hari di sebuah universitas lokal sebelum ia ditahbiskan menjadi imam tahun 1990.

Ia belajar teologi di Institut Catholique de Paris di Prancis tahun 1993 hingga 1998 dan memperoleh gelar Master  teologi.

Saat kembali ke Vietnam, Pastor Hung mengajar di Seminari St. Joseph dan juga menjabat sebagai wakil rektor di sana. Dia juga bekerja sebagai sekretaris Komisi Klerus dan Seminaris Konferensi Waligereja Vietnam.

Keuskupan Agung Ho Chi Minh memiliki 680.000 umat Katolik, yang dilayani oleh 650 imam dan 2.500 suster dan bruder.

Sumber: ucanews.com

 

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

Podcasts
Donation
© UCAN Indonesia 2024. | Kontak | Tentang | Syarat dan Ketentuan | Privasi