UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Reuni 100 tahun Nyarumkop, Uskup Agung Pontianak ajak tingkatkan kualitas

Juli 11, 2016

Reuni 100 tahun Nyarumkop, Uskup Agung Pontianak ajak tingkatkan kualitas

Gubernur Kalbar Cornelis didampingi istri serta Uskup Agung Pontianak Mgr Agustinus Agus dan Ketua Komisi Pendidikan KWI Martinus Dogma Situmorang OFMCap dan Ketua Umum Alumni Persekolahan Katolik Nyarumkop Adrianus Asia Sidot dan istri membuka reuni di Nyarumkop, Jumat (8/7/2016).

 

Persekolahan Katolik Nyarumkop (PKN) menggelar perayaan syukur sekaligus Reuni Agung 100 tahun berdirinya tonggak pendidikan Katolik di Kompleks PKN Kota Singkawang, Jumat (8/7/2016).

Uskup Agung Pontianak, Mgr Agustinus Agus mengatakan, reuni merupakan ajang bernostalgia dan saling mendukung dengan harapan memberi semangat baru.

“Reuni 100 tahun juga menjadi momentum evaluasi diri ke depan sehingga mampu menghasilkan alumni berkualitas,” kata Uskup Agung, Sabtu (9/7/2016), seperti dilansir Tribun Pontianak.

Uskup Agus meminta tim untuk menjadikan reuni 100 tahun ini sebagai momen mengevaluasi dan start untuk melangkah ke depan.

Hasil dari evaluasi digunakn sebagai acuan dalam perbaikan dan pembenahan supaya peran Seminari Nyarumkop dalam menghasilkan tokoh-tokoh seperti 20 hingga 40 tahun lalu dapat ditingkatkan kembali.

“Bagi semua alumni untuk bersama-sama bisa berbuat dan memberikan apa yang bisa diberikan untuk kemajuan seminari dan semua lembaga pendidikan yang ada di lingungan persekolahan ke depan,” pesan Uskup.

Ketua Alumni Persekolahan Katolik Nyarumkop, Adrianus Asia Sidot, mengatakan acara peringatan 100 tahun PKN merupakan momentum yang sangat tepat untuk mengenang jasa para perintis, pejuang dan siapa saja yang telah membesarkan nama PKN.

Kehadiran PKN dapat melahirkan tokoh-tokoh penting, khususnya etnis Dayak dan Katolik, di Kalimantan Barat dan di Tingkat Nasional seperti YC Oevaang Oeray, FC Palaun Soeka, Aloysius Aloy, Mgr Hieronimus Bumbun OFMCap, Mgr Agustinus Agus dan lain sebagainya.

“Begitu besar juga peranan penting para misionaris yang telah mendirikan PKN 100 tahun lalu dan mampu bertahan sampai sekarang,” kata Adrianus.

Bupati Landak ini menuturkan, reuni sangat strategis untuk menghimpun potensi kekuatan alumni yang tersebar di sejumlah tempat, bukan saja di Kalbar dan Indonesia, bahkan sampai ke luar negeri.

Ia berharap PKN menjadi The Center Of Excellent yang melahirkan manusia-manusia berkualitas dan memiliki kompetensi, skill dan berdaya saing tinggi.

Sementara itu Ketua Sterring Commite Reuni, Egidius Herman, mengatakan, pelaksanaan kegiatan Perayaan 100 tahun PKN dan Reuni Agung Alumni diawali dengan pembukaan masa tahun perayaan 100 Tahun Persekolahan Katolik Nyarumkop yang diawali dengan Misa Pembukaan yang dipimpin Vikjen Keuskupan Agung Pontianak, Pastor Wiliam Chang OFMCap, pada Juli 2015.

Kegiatan lain berupa seminar ilmiah Karakteristik Pendidikan Katolik. “Sebagai nara sumber adalah Romo Darmin Mbula OFM, beliau Ketua Majelis Nasional Pendidikan Katolik,” kata guru Bahasa Latin tersebut.

Dalam kegiatan selama tiga hari tersebut tak kurang dari 1.000 alumnus hadir. Misa pembukaan dipersembahkan tiga uskup – Uskup Agung Pontianak Mgr Agus, Uskup Emeritus Hyeronimus Bumbun OFMCap, serta Mgr Situmorang.

 

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

Podcasts
Donation
© UCAN Indonesia 2024. | Kontak | Tentang | Syarat dan Ketentuan | Privasi