UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Delegasi Indonesia meriahkan WYD di Polandia

Juli 26, 2016

Delegasi Indonesia meriahkan WYD di Polandia

Delegasi World Youth Day asal Indonesia memainkan angklung di Warsawa dan membuat warga sekitar ikut bermain, 21 Juli 2016. (Foto: KBRI Polandia)

 

Sedikitnya 80 peserta World Youth Day (WYD) 2016 asal Indonesia menghadiri acara ramah tamah yang diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Republik indonesia (KBRI) Warsawa pada Minggu (24/7).

“Selamat datang kepada para delegasi WYD 2016 di Wisma Duta Dubes RI Warsawa,” ucap Roos Diana Iskandar, Kuasa Usaha ad interim KBRI Warsawa, saat menyambut kedatangan mereka.

Roos menyampaikan harapan agar para delegasi dapat mengikuti kegiatan WYD 2016 dengan baik dan lancar dan sebagai duta bangsa agar dapat membawa nama Indonesia serta turut mempromosikan Indonesia di Polandia termasuk kepada delegasi WYD lainnya.

Romo Haryanto yang pada kesempatan tersebut mewakili delegasi WYD 2016 Indonesia mengucapkan terima kasih atas penyambutan yang hangat oleh KBRI Warsawa.

Romo menyampaikan bahwa delegasi WYD 2016 dijadwalkan akan turut serta mempromosikan budaya Indonesia melalui setidaknya lima kali penampilan kebudayaan selama kegiatan WYD 2016.

Secara keseluruhan, terdapat sekitar 280 peserta WYD 2016 yang berasal dari berbagai provinsi di Indonesia. Sebagian besar peserta menjalani hari-hari di Keuskupan (Days of Diocese) di Warsawa pada 20-25 Juli, menurut keterangan tertulis KBRI Warsawa, Senin (25/7), seperti dilansir Beritasatu.com.

Sebagian peserta lainnya langsung mengikuti WYD yang berpusat di Krakow. Selama periode tersebut, para delegasi tinggal bersama keluarga-keluarga yang ada di Warsawa, dan diajak berkunjung ke berbagai obyek wisata yang ada di sana.

Para peserta dari Panti Asuhan Vincentius berkesempatan melakukan pertunjukan alat musik tradisonal Indonesia yaitu kolintang dan angklung pada kegiatan Open Stage yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Warsawa di Kota Tua pada Kamis (21/7).

Pertunjukan tersebut mendapat perhatian masyarakat sekitar yang kemudian ikut aktif memainkan angklung dan mendengar alunan musik kolintang.

Sementara itu, delegasi dari Konferensi Waligereja Indonesia meramaikan panggung kesenian yang diselenggarakan oleh Keuskupan Warsawa-Praga dengan membawakan tarian dari Kalimantan dan Papua.

Penampilan tim Indonesia mendapat sambutan meriah dari penonton yang berjumlah sekitar 3.000 orang.

Kegiatan utama WYD 2016 diadakan pada 26-31 Juli dengan tema “Blessed are the merciful, for they shall obtain mercy” (berbahagialah orang yang murah hatinya, karena mereka akan beroleh kemurahan).

Kegiatan utama WYD 2016 akan dipusatkan di kota Krakow dan dihadiri oleh Paus Fransiskus. Bersama delegasi Indonesia, KBRI Warsawa turut serta dalam kegiatan-kegiatan tersebut.

Paus Johannes Paulus II yang berasal dari Polandia merupakan penggagas WYD. Kegiatan ini pertama kali diadakan tahun 1986 di Roma, Italia. Tahun ini merupakan kali kedua Polandia menjadi tuan rumah WYD, setelah sebelumnya tahun 1991 di Czestochowa, kota di wilayah selatan negara itu.

WYD diselenggarakan setiap tiga tahun sekali, bertujuan mengumpulkan OMK dari berbagai negara.

 

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

Podcasts
Donation
© UCAN Indonesia 2024. | Kontak | Tentang | Syarat dan Ketentuan | Privasi