UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Misa dan Novena IYD 2016 Keuskupan Tanjungkarang

September 15, 2016

Misa dan Novena IYD 2016 Keuskupan Tanjungkarang

Mgr Yohanes Harun Yuwono didampingi oleh Romo Eko SJC dan Romo Yohanes Baptista Sujanto.

 

SENIN, 12 September 2016, bertempat di Gereja Kristus Raja Katedral diadakan Misa Novena Indonesia Youth Day (IYD) 2016 dari Keuskupan Tanjungkarang, Lampung.

Misa dipimpin oleh Uskup Keuskupan Tanjung Karang, Mgr Yohanes Harun Yuwono didampingi oleh Romo Eko SJC, ketua Komisi Kepemudaan Keuskupan Tanjungkarang dan Romo Yohanes Baptista Sujanto, Vikaris Jendral Keuskupan Tanjungkarang. Hadir juga dalam Misa tersebut beberapa imam dan 450 umat yang didominasi Orang Muda Katolik dan para suster.

Sebelum Misa dan Novena ke- 9 ini, salib IYD sudah diarak keliling ke 16 paroki dan 8 unit pastoral yang ada di Keuskupan Tanjungkarang yang dimulai dari Januari 2016. Ini adalah pengalaman pertama bagi keuskupan ini mengadakan perarakan salib IYD.

Uskup Harun mengungkapkan, ”Kita satu kendatipun beranekaragam, kita bangga sebagai bangsa yang multietnis, multianekaragam latar belakang. Kita bangga bahwa Tuhan mencintai kita semua dan marilah kita lanjutkan spirit itu dalam kehidupan yang nyata setiap hari, kita satu kendati beranekaragam. Dengan itu justru cinta kasih Tuhan, kerahiman-Nya harus dipraktikan setiap hari, dihayati, digeluti, diperjuangkan”.

Lebih lanjut, Ketua Komisi Hubungan Antaragama dan Kepercayaan Konferensi Waligereja Indonesia ini mengajak umat berdoa mohon rahmat Tuhan agar dapat menjadi anak-anak-Nya yang maharahim.

“Mari kita menjadi baik bagi siapapun tanpa kecuali sebab kita semua dan mereka siapapun adalah bagian yang tidak terpisahkan dari diri kita, dari bangsa kita, dari kemanusiaan kita” ujar Uskup Harun.

Mgr Harun juga memberi dukungan moril kepada orang muda utusan Keuskupan Tanjungkarang yang akan mengikuti IYD.

“Kita mohon rahmat juga perlindungan, keselamatan, kesejahteraan, untuk rekan OMK yang akan berangkat ke Manado untuk menimba semangat pluralitas, keberagaman untuk dapat kembali menyebarkan kepada siapapun. Bapa Suci Fransiskus juga mengajak kaum muda untuk menjadi spirit semangat untuk pemberharu membangun dunia agar menjadi tempat yang nyaman untuk kita, sebab kita semua putra-putri Allah”, tandasnya.

Secara simbolis diserahkan pengenaan atribut IYD 2016 kepada Sella, perwakilan peserta IYD yang akan berangkat ke Manado. Sella merupakan utusan termuda, yang saat ini duduk di kelas 2 SMA.
Jumlah peserta yang akan mengikuti Indonesian Youth Day 2016 di Manado sebanyak 58 peserta yang berasal dari setiap Paroki dan Unit Pastoral yang ada di Keuskupan Tanjungkarang.

Sumber: mirifica.net

 

 

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

Podcasts
Donation
© UCAN Indonesia 2024. | Kontak | Tentang | Syarat dan Ketentuan | Privasi