UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Lagu Indonesia Raya berkumandang di Vatikan

September 19, 2016

Lagu Indonesia Raya berkumandang di Vatikan

Illustrasi. Upacara HUT ke-70 RI di Vatikan.

 

Lagu Indonesia Raya yang dibawakan biarawati berkumandang di Vatikan saat resepsi diplomatik dalam rangka HUT Kemerdekaan ke-71 RI.

Menurut Sekretaris Tiga Pensosbud KBRI Vatikan, Sturmius Teofanus Bate, kepada Antara-London, Jumat 16/9), resepsi yang dilangsungkan di Wisma Duta Besar RI untuk Takhta Suci Vatikan itu dihadiri lebih dari 100 tamu, yang merupakan duta besar negara-negara sahabat untuk Takhta Suci Vatikan.

Resepsi HUT RI ke-71 juga dihadiri Dubes RI untuk Republik Italia, August Parengkuan, serta perwakilan pemerintah Takhta Suci, Mgr Antoine Camilleri, Wakil Sekretaris untuk Hubungan dengan Negara-negara dan Mgr Jos Avelino Bettencourt, Kepala Protokol Negara Vatikan.

Resepsi diawali dengan lagu Indonesia Raya, yang dinyanyikan oleh 15 biarawati Indonesia dari Suore Compassioniste Serve di Maria, salah satu biara yang memiliki banyak anggota berkewarganegaraan Indonesia.

Dalam sambutan tertulisnya, Dubes Antonius Agus Sriyono menggarisbawahi peran Indonesia di dunia internasional. Dalam konteks Perserikatan Bangsa-Bangsa, Indonesia terus berupaya memperkuat perannya dalam operasi penjagaan perdamaian, pencalonan anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB (2019-2020), dan berkontribusi dalam implementasi 2030 Agenda Pembangunan Berkelanjutan 2030.

Selain itu, Indonesia juga aktif dalam berbagai organisasi kerja sama regional dan internasional seperti ASEAN, Gerakan Non Blok (GNB), Organisasi Kerja Sama Islam (OKI), Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) and G-20.

Dubes RI untuk Takhta Suci Vatikan menegaskan bahwa salah satu prioritas utama dalam hubungan bilateral Indonesia-Vatikan adalah promosi dialog antarumat beragama.

Bagi Pemerintah Indonesia, ujarnya, dialog antarumat beragama merupakan isu penting mengingat Indonesia merupakan negara yang sangat plural, termasuk dalam hal agama.

Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk Muslim terbesar di dunia. Sebesar 87,2 persen dari total 250 juta penduduk Indonesia menganut agama Islam sementara 12,8 persen lainnya merupakan penganut agama Protestan, Katolik, Hindu, Buddha, dan Konghucu.

Pada tataran bilateral, Indonesia memiliki kerja sama dengan Museum Vatikan, yang masih akan berlanjut pada tahun 2016. Saat ini, Indonesia sedang menyiapkan pembangunan ‘Borobudur Garden‘ dan ‘Indonesian Spice Garden‘ pada zona etnologi Museum Vatikan.

Kedua proyek tersebut bertujuan untuk mempromosikan nilai-nilai pluralisme yang dimiliki Indonesia dari segi etnik, budaya dan agama.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi