UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Uskup Tiongkok keenam wafat tahun 2016

Oktober 31, 2016

Uskup Tiongkok keenam wafat tahun 2016

 

Seorang uskup emeritus di Provinsi Shaanxi, Tiongkok barat laut meninggal di rumah sakit pada 27 Oktober, berarti sudah enam uskup di negara itu wafat tahun ini.

Mgr Francis Tong Hui, Uskup Emeritus Keuskupan Yan’an (Yulin) wafat akibat komplikasi infeksi paru-paru di Rumah Sakit Tangdu pada 27 Oktober, berusia 83 tahun.

Uskup pensiun diganti Pastor John Baptist Yang Xiaoting yang ditahbiskan sebagai uskup koajutor keuskupan itu tahun 2010.

Uskup Yang, 52, mengatakan kepada ucanews.com bahwa panitia pemakaman baru saja dibentuk.

“Semuanya harus dibahas. Kemungkinan hari pemakaman, saya kira, akan diadakan pada 2 November, Hari Peringatan Arwah Semua Orang Beriman,” kata Uskup Yang.

Diakui oleh Vatikan dan pemerintah Tiongkok, Uskup Tong adalah uskup keenam dalam Gereja Katolik Tiongkok telah wafat tahun ini. Lima lainnya adalah Uskup Anyang Mgr Thomas Zhang Huaixin, Uskup Yujiang Mgr Thomas Zeng Jingmu, Uskup Vincent Huang Shoucheng Mindong, Uskup Wwnzhou Mgr Vincent Zhu Weifang dan Uskup Tauzhou Mgr Anthony Xu Jiwei.

Uskup Tong mengalami gejala penyakit Alzheimer dan tidak bisa berjalan sendiri atau merayakan Misa sejak 2009.

Anthony Lam Sui-ki, peneliti senior dari Pusat Studi Roh Kudus Keuskupan Hong Kong, mengatakan Uskup Tong adalah seorang uskup yang rendah hati.

“Tetapi, imam-imam dari Keuskupan Yan’an yang saya dekati, mereka semua memiliki komentar yang baik terhadap uskup mereka,” kata Lam.

Keuskupan Yan’an sekarang memiliki satu uskup, 33 imam yang melayani 65.000 umat Katolik yang tersebar di area seluas 80.000 kilometer persegi.

Daerah di Tiongkok Tengah dulunya basis revolusioner utama komunis, dan sebelum katedral selesai dibangun, properti itu disita dan diubah menjadi museum.

Uskup Tong lahir pada 15 Agustus 1933 dan ditahbiskan menjadi imam tahun 1956. Ia ditangkap dan dipenjarakan oleh rezim komunis tahun 1965. Ia dibebaskan 15 tahun kemudian tahun 1980.

Ia ditahbiskan sebagai uskup koajutor Yulin (sekarang berganti nama sebagai Yan’an) tahun 1994 dan menggantikan Uskup Wang Zhenye selama lima tahun terkahir.

Sumber: ucanews.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi