UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Doa bersama lintas agama digelar dalam rangka Hari Pahlawan

Nopember 7, 2016

Doa bersama lintas agama digelar dalam rangka Hari Pahlawan

Pastor Yohanes Rusae sedang membacakan doa yang didampingi oleh Menteri Sosial Khofifah Indar Parawangsa dan para tokoh lintas agama. (Foto: merahputih.com)

 

Tokoh-tokoh yang mewakili lima agama – Buddha, Hindu, Islam, Katolik, dan Protestan – membacakan doa untuk para pahlawan bangsa pada jalan sehat dan pentas seni dalam rangkaian kegiatan Hari Pahlawan 2016.

Para tokoh lintas agama tersebut membacakan doa dengan tata cara agama masing-masing di arena Hari Bebas Kendaraan Bermotor di kawasan Bunderan HI, Jakarta, Minggu (6/11).

Doa lintas agama ini dipimpin oleh Islam diwakili oleh Wakil Imam Besar Masjid Istiqlal Syarifuddin Muhammad, Protestan diwakili oleh Ketua Umum Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI)  Pendeta Hendrieta Hutabarat, Katolik diwakili oleh Sekretaris Komisi Liturgi Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) Pastor Yohannes Rusae, Hindu diwakili oleh I Mangku Wayan Sudharma dari Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI), dan Buddha diwakili oleh Wali Umat Budha Indonesia (Walubi) Pandhita Madya Effendi.

Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawangsa menyampaikan, tujuan diselenggerakannya doa bersama lintas agama ini sebagai alat perekat bangsa dalam rangka memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November mendatang.

“Jadi ini sebagai bagian dari ikhtiar kebersamaan seluruh warga bangsa, kebersamaan diantara seluruh tokoh-tokoh umat di Indonesia. Ada kebersamaan ada persatuan,” ujar Khofifah di lokasi.

Oleh karena itu, katanya, warga masyarakat satu sama lain harus menunjang demi rekatnya persatuan dan kesatuan. Ia pun berharap doa bersama ini menjadi proses reflektif seluruh warga Indonesia sebagai sebuah bangsa.

“Bahwa bangsa ini hadir karena pengorban dan perjuangan, para pahlawan. Ketika diperingati, maka kita lakuklan refleksi bagaimana mengisi kemerdekaan ini,” katanya.

Khofifah menjelaskan, sejak 3 tahun lalu pihaknya memperingati Hari Pahlawan selalu dengan doa bersama. Tidak hanya itu, elemen masyarakat pun dilibatkan dengan acara jalan sehat seperti yang dilakukan tahun ini di kawasan CFD.

 

 

One response to “Doa bersama lintas agama digelar dalam rangka Hari Pahlawan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi