UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Kaum minoritas Banglades reli solidaritas dengan umat Hindu

Nopember 8, 2016

Kaum minoritas Banglades reli solidaritas dengan umat Hindu

 

Ratusan umat Hindu, Kristen dan Buddha turun ke jalan-jalan di Dhaka pada 4 November untuk mengecam massa Muslim yang menyerang umat Hindu pekan lalu dan menyerukan penyelidikan.

Di Dhaka, sekitar 1.000 orang dari 10 kelompok agama minoritas termasuk Majelis Persatuan Umat Hindu dan Asosiasi Kristen Banglades berkumpul di depan National Press Club mengusung spanduk dan poster mengecam kekerasan tersebut.

Foto-foto serangan pada 30 Oktober tersebut yang diunggah di Facebook terlihat vandalisme terhadap puluhan kuil dan rumah-rumah warga Hindu serta pemukulan terhadap sejumlah orang Hindu di Nasirnagar, Banglades bagian timur.

Polisi mengizinkan kaum fanatik Islam untuk mengadakan reli yang berubah menjadi kekerasan massa yang menargetkan umat Hindu,” kata Profesor Hirendranath Biswas, ketua Komite Refomasi Sosial Hindu Banglades.

“Pemerintah harus melakukan penyelidikan … atau kami akan meluncurkan gerakan yang lebih besar untuk menuntut keadilan dan menjamin kesempatan untuk hidup damai di negara ini,” tambahnya.

Uskup Rajshahi Mgr Gervas Rozario, ketua Komisi Keadilan dan Perdamaian Konferensi waligereja Banglades mengatakan ada budaya impunitas.

“Ada banyak serangan terhadap minoritas agama di masa silam, tapi kami belum melihat adanya hukuman terhadap para pelaku dan kurangnya keadilan terhadap kaum minoritas,” kata Uskup Rozario kepada ucanews.com.

“Pemerintah harus mencari tahu siapa dalang di balik kekerasan dan mengambil langkah untuk menghukum mereka,” tambah Uskup Rozario.

Di tengah kemarahan publik dan media, putusan pemerintah Liga Awami menunda kepala kepolisian Nasrinagar pada 1 November karena gagal mencegah kekerasan.

“Kami sedang melakukan segalanya untuk memastikan keselamatan korban, memberikan kompensasi dan menangkap para penyerang,” kata Menteri Dalam Negeri Asaduzzaman Khan kepada wartawan pada 3 November.

1108e

Perempuan Hindu memprotes serangan bermotif agama di Banglades selama reli di Dhaka pada 4 November.

 

Serangan pembakaran

Malam sebelum protes, umat Hindu di Brahminbaria diserang pada 3 November dan orang-orang tak dikenal membakar 11 rumah milik Hindu di Nasirnagar.

Mengunjungi tempat, Chowdhury Moazzem Hossain, kepala pemerintah di Nasirnagar mengatakan langkah-langkah akan diambil terkait serangan itu.

“Kami telah memberitahu pihak berwenang yang lebih tinggi tentang serangan terbaru dan sedang mengadakan pembicaraan dengan para pemimpin setempat tentang tindakan berikutnya,” katanya.

Sebuah tim dari badan-badan hak utama termasuk Komnas HAM yang dikelola negara mengunjungi desa-desa yang terkena dampak dan mengatakan kekerasan itu direncanakan dan disengaja.

Sumber: ucanews.com

 

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

Podcasts
Donation
© UCAN Indonesia 2024. | Kontak | Tentang | Syarat dan Ketentuan | Privasi