UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Badan bantuan Katolik menghormati para pahlawan topan

Nopember 10, 2016

Badan bantuan Katolik menghormati para pahlawan topan

 

Biro aksi sosial para uskup Filipina mengakui heroisme 27 korban topan Haiyan pada 8 November yang melanda bagian tengah negara itu pada November 2013.

“Orang-orang dari berbagai komunitas ini berada di daerah yang hancur setelah dihantam  (Haiyan), mereka  adalah pahlawan tanpa tanda jasa karena membantu masyarakat untuk pulih dan membangun kembali hidup mereka dengan lebih baik,” kata Pastor Edwin Gariguez, ketua Karitas Filipina.

“Para pahlawan” ini diberikan pengakuan atas kontribusi mereka kepada masyarakat saat topan dahsyat dan selama operasi bantuan serta rehabilitasi dilakukan oleh Gereja Katolik.

“Masih banyak kisah kepahlawanan tak terhitung jumlahnya dan ketahanan hidup orang-orang yang selamat,” kata Pastor Gariguez, seraya menambahkan bahwa Haiyan mengajarkan orang tentang “pelajaran mengenai iman, harapan dan kasih.

Karitas Filipina, biro aksi sosial Konferensi Waligereja Filipina, telah menjalankan program rehabilitasi tiga tahun di sembilan provinsi yang paling parah akibat Haiyan.

Saat ini, kelompok itu, dengan bantuan organisasi-organisasi anggota Caritas Internationalis, telah menyalurkan bantuan sekitar 94 juta dolar AS kepada lebih dari 1,8 juta orang terkena dampak topan.

“Kami memastikan pengeluaran transparan dan jujur sedang dilakukan di semua tingkat melalui pemantauan berkala, evaluasi dan audit dari perusahaan audit internasional,” kata Pastor Gariguez.

Keterlibatan Caritas Filipina mencakup bantuan dan fase pemulihan di daerah yang terkena, seperti penyediaan tempat penampungan yang tahan bencana, fasilitas air dan sanitasi, bantuan mata pencaharian, dan infrastruktur lainnya seperti sekolah dan pusat-pusat evakuasi.

Kegiatan tersebut termasuk promosi kesehatan, lokakarya, pelatihan pengurangan risiko bencana.

Sumber: ucanews.com

 

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

Podcasts
Donation
© UCAN Indonesia 2024. | Kontak | Tentang | Syarat dan Ketentuan | Privasi