UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

“Pancasila jiwa kita, NKRI rumah kita, Bhinneka Tunggal Ika pergaulan kita”

Nopember 21, 2016

“Pancasila jiwa kita, NKRI rumah kita, Bhinneka Tunggal Ika pergaulan kita”

Parade Bhinneka Tunggal Ika di Jakarta.

 

Parade Bhinneka Tunggal Ika yang digelar pada Sabtu di Bundaran Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta, dengan menampilkan keberagaman suku bangsa, agama serta ras di Indonesia, diikuti oleh 97.000 massa dari masyarakat sipil.

“Kemarin komitmen dari berbagai elemen yang mau datang, totalnya ada 97 ribu massa, belum termasuk yang datang pribadi dengan sendirinya,” kata salah satu penggagas Parade Bhinneka Tunggal Ika, Hasan Nasbi di Jakarta, Sabtu (19/11).

Hasan mengatakan sasaran yang dituju dalam aksi damai ini adalah merawat Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Kebhinnekaan Indonesia serta mempertahankan pemerintahan yang terpilih secara konstitusional dan menyerukan penegakan hukum yang tidak bisa diintervensi pihak mana pun.

1120g

Para tokoh lintas agama, termasuk Romo Johanes Haryanto SJ (Stola berwarna merah) memimpin doa untuk perdamaian.

 

“Yang bisa menerima keberagaman itu hanya Pancasila, tapi ada sebagian orang muncul seolah bukan orang Indonesia. Kita harus memuliakan bangsa sendiri, bukan meniadakan sesama bangsa hanya karena ia lahir berbeda,” ujar Hasan.

Antusiasme masyarakat dari berbagai wilayah pun terlihat dengan datangnya warga dari Nias, Kalimantan Barat, Banten dan Jabodetabek dengan memakai kaos merah/putih dan baju adat.

Aksi damai di Surabaya

Ratusan massa yang tergabung dalam Aliansi Kebangsaan Jawa Timur menggelar aksi simpatik di depan Gedung Negara Grahadi, Jalan Gubernur Suryo, Sabtu (19/11/2016).

Aliansi yang terdiri dari berbagai ormas di Jawa Timur ini berorasi bergantian dengan mengambil isu menegakkan kembali Pancasila sebagai ideologi negara, dan menuntut pembubaran organisasi yang mengancam keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

1120e

Aksi damai di Surabaya (Foto: Siagaindpnesia.com)

 

Inisiator Aliansi Kebangsaan Jawa Timur terdiri dari sejumlah ormas termasuk:  PMKRI (Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia) Cab. Surabaya, GMKI (Gerakan Mahasiswa Katolik Indonesia) Cab. Surabaya,  KMHDI (Komunitas Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia) Cab. Surabaya, FKPPI Jatim (Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan Indonesia),   SAPULIDI (Persatuan Perempuan Peduli Generasi Indonesia), Seknas-Jokowi Jatim, GusDurian Surabaya, KPJ (Kelompok Pengamen Jalanan), Budhist Education Centre, Majelis Buddayana Indonesia,  API Jatim (Aliansi Petani Indonesia), GMNI (Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia),  PMII Komisariat Unsuri, PMII Komisariat UPN, PMII Komisariat Unusida, LDF-UINSA (Left Democration Force), Buddhayana Dharmawira Centre, WKRI (Wanita Katolik Republik Indonesia, dan MAKIN (Majelis Agama Khonguchu Indonesia).

Selain Orasi Budaya dan ikrar kesetiaan rakyat indonesia, Aliansi Kebangsaan Jawa Timur juga memberikan pernyataan sikap yang diantaranya:

Menegaskan dan meneguhkan Pancasila adalah jiwa kami, NKRI adalah rumah kami, Bhinneka Tunggal Ika adalah pergulan hidup kami.

Menyerukan Kepada Seluruh Rakyat Indonesia pada umumnya dan masyarakat Jawa Timur khususnya untuk tetap bersikap dan menciptakan toleransi terhadap setiap perbedaan Suku, Agama, dan RAS.

 

 

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

Podcasts
Donation
© UCAN Indonesia 2024. | Kontak | Tentang | Syarat dan Ketentuan | Privasi