UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Biarawati Indonesia penonton setia tim Garuda di laga AFF 2016

Nopember 28, 2016

Biarawati Indonesia penonton setia tim Garuda di laga AFF 2016

Biarawati asal Atambua, Suster Adelaide Soares Babo (tengah), yang kini melayani Gereja Katolik Paranaque, Filipina. (CNN Indonesia)

 

Tim Garuda tak berjuang sendirian di fase Grup A Piala AFF 2016 yang berlangsung di Filipina. Ratusan warga Indonesia dari berbagai penjuru selalu setia hadir di tribune untuk menyuntikan semangat kepada Boaz Solossa dkk.

Suporter Merah Putih itu berasal dari latar belakang beragam. Sebagian besar dari mereka adalah mahasiswa dan pekerja Indonesia yang menetap di Filipina.

Namun, ada pemandangan yang tidak biasa pada laga Indonesia melawan Filipina yang berakhir imbang 2-2 di Stadion Filippine Sports Complex, Selasa (22/11). Seorang biarawati tampak asyik mendukung timnas Indonesia meski berada di tengah para suporter belia Filipina.

Ia adalah Suster Adelaide Soares Babo, biarawati asal Atambua, Indonesia, yang kini melayani Gereja Katolik Paranaque, Filipina.

“Saya sudah dari 2008 melayani di Filipina. Meski anak-anak asuh saya asal Filipina, saya sudah bilang pada mereka bahwa hari ini saya akan dukung Indonesia,” ujar Suster Adelaide yang dijumpai CNN Indonesia.

Pada babak pertama, Suster Adelaide ternyata menyempatkan diri untuk pindah sejenak ke tribune selatan atau tempat berkumpulnya sekitar 300 suporter Indonesia. Itu dilakukan agar ikut menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

“Saya sengaja pindah dulu sebentar untuk sama-sama dengan mereka menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama warga Indonesia lainnya di Filipna,” ujarnya.

Namun, setelah babak pertama usai ia kembali menemani anak-anak asuhnya di tribune utara.

Suster Adelaide mengaku tidak banyak kenal nama pemain timnas saat ini kecuali Ferdinand Sinaga.

“Saya hanya kenal Sinaga itu. Saya pengin sekali foto bersama dengan dia nanti,” ujarnya.

Ketika ditanya alasannya hanya kenal Ferdinand, suster tersebut menjawab singkat.

“Tidak tahu kenapa saya ingat nama belakang dia (Sinaga). Saya tahu dia sebenarnya pasti orang baik,” tutur Suster Adelaide.

Usai pertandingan, Suster Adelaide melanjutkan niatnya untuk berfoto bersama idolanya itu. Sayangnya ia tidak menemukan Ferdinand di lorong ganti.

Ia kemudian tak menyia-nyiakan kesempatan berpose bersama pemain timnas lainnya. Tiga pemain timnas yaitu Zulham Zamrun, Rudolof Yanto Basna, dan Andik Vermansah bersedia berfoto ria dengan biarawati itu.

 

 

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

Podcasts
Donation
© UCAN Indonesia 2024. | Kontak | Tentang | Syarat dan Ketentuan | Privasi