UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Paus Fransiskus: Persiapkan Natal dengan pertobatan

Desember 7, 2016

Paus Fransiskus: Persiapkan Natal dengan pertobatan

 

Paus Fransiskus mengutip pernyataan Yohanes Pembaptis dalam Kitab Suci yang mengatakan “Bertobatlah, sebab Kerajaan Allah sudah dekat” merupakan salah satu bentuk seruan agar setiap manusia melakukan perubahan sikap.

Pernyataan tersebut dia kemukakan saat memimpin doa Angelus dalam Minggu Adven kedua, Minggu (4/12), seperti dilansir catholicnewsagency.com.

Pernyataan tersebut terdapat dalam Injil Mat 3:2 dikemukakan Yohanes Pembaptis saat berada di padang gurun.

Paus Fransiskus mendasari doanya dari Injil Matius 3: 1-12, dengan mengutip ajakan Yohanes Pembaptis tentang persiapan jalan bagi Yesus, juga diulang beberapa kali oleh Yesus di berbagai ayat dalam Injil Matius.

“Dengan kata-kata yang sama Yesus akan memulai misinya di Galilea (Matius 4:17), dan ini juga akan menjadi pengumuman yang akan membawa para murid pada pengalaman misionaris pertama mereka (Matius 10: 7),” kata dia.

Bapa Suci menyatakan bahwa ajakan tersebut merupakan inti kehidupan Kristiani.

“Ketika seorang misionaris pergi, seorang Kristen menyambut Yesus, seorang misionaris tidak sekadar mengabarkan Injil, namun mencari banyak orang agar lebih dekat kepada Yesus,” katanya.

Paus Fransiskus mengatakan ajakan tersebut menyenangkan, karena manusia tidak harus menunggu Kerajaan Allah, dan manusia dapat mengalami beberapa keindahan dan sukacita di bumi.

“Berubahlah setiap hari, satu langkah penting setiap hari,” kata Paus Fransiskus.

Dia mendorong umat beriman melakukan pertobatan sekaligus mempersiapkan jalan Tuhan dengan memeriksa hati nurani masing-masing, di sisi lain manusia diajak meninggalkan berbagai kesesatan.

“Natal adalah hari sukacita yang besar, tidak hanya bersifat keluar, tetapi juga berfokus kepada acara keagamaan yang membutuhkan persiapan rohani,” kata Paus Fransiskus.

“Di masa Advent, mari kita dibimbing oleh nasihat Yohanes Pembaptis: Persiapkanlah jalan Tuhan, luruskanlah jalan bagi-Nya,” tambahnya.

 

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

Podcasts
Donation
© UCAN Indonesia 2024. | Kontak | Tentang | Syarat dan Ketentuan | Privasi