UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Kamus Katolik diterbitkan membantu umat memahami iman mereka

Desember 14, 2016

Kamus Katolik diterbitkan membantu umat memahami iman mereka

Para suster membeli sejumlah kopi dari Kamus Katolik bahasa Vietnam.

 

Gereja Katolik telah menerbitkan kamus istilah Katolik dalam bahasa Vietnam dalam rangka membantu umat memahami iman mereka, Injil, dan menghindari kesalahpahaman.

The Catholic Dictionary adalah sebuah karya yang sangat penting bagi Gereja Katolik di Vietnam,” kata Uskup Agung Ho Chi Minh City Mgr Paul Bui Van Doc yang memimpin Misa khusus menandai terbitnya kamus tersebut pada 9 Desember.

Uskup Agung Doc menambahkan bahwa kamus pertama ini akan membantu umat Katolik memahami kata-kata dan frase dasar yang berkaitan dengan agama, kitab suci dan teologi guna membantu mereka mempratekkan iman mereka.

Ia berharap bahwa kamus ini bisa menghindari kesalahpahaman.

Pastor Peter Nguyen Chi Thiet, kepala Komite Terminologi Katolik, mengatakan kepada ucanews.com bahwa kamus tersebut berisikan 2.022 kata yang paling umum dari Katekismus Gereja Katolik. Kata-kata bahasa Vietnam tua yang masih digunakan juga ditambahkan.

1213e

Pastor Peter Nguyen Chi Thiet (kanan) memperkenalkan kamus Katolik di Vietnam pada 9 Desember. 

 

Pastor Thiet mengatakan bahwa 150 pakar dalam teologi, kitab suci, moral, liturgi, linguistik dan budaya menulis kamus tersebut selama lebih dari sembilan tahun.

Dia mengatakan kamus itu akan menjadi landasan bagi generasi muda untuk lebih mempelajari bahasa Vietnam, budaya Kristen dan mengembangkan teologi Vietnam.

Selain kata-kata bahasa Vietnam, dalam kamus itu juga mencantum istilah-istilah bahasa Latin, bahasa Inggris, bahasa Prancis dan bahasa Cina untuk kemudahan referensi.

Misionaris asing datang ke Vietnam pada abad ke-16 dan mulai mengembangkan chu quoc ngu (“Kitab Suci Bahasa Vietnam”) berdasarkan abjad bahasa Latin dan bahasa Romawi lainnya untuk mendukung umat Katolik setempat.

Sumber: ucanews.com

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi