UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Lomba lari memperkenalkan AYD 2017

Desember 23, 2016

Lomba lari memperkenalkan AYD 2017

Para biarawati mengambil bagian dalam lomba lari yang diselenggarakan oleh Keuskupan Agung Semarang untuk memperkenalkan AYD ke-7 tahun depan.

 

Sekitar 10.000 orang mengambil bagian dalam lomba lari di Semarang, ibukota Provinsi Jawa Tengah untuk memperkenalkan Asian Youth Day (AYD, Hari Orang Muda Katolik Asia) dan penggalangan dana.

AYD ke-7 tersebut akan diadakan di Keuskupan Agung Semarang (KAS) tahun depan dengan menghadirkan orang muda Katolik (OMK) dari seluruh Asia.

Kegiatan bertajuk “5 KM Joyful Run” itu diselenggarakan oleh Keuskupan Agung Semarang dengan melibatkan orang-orang dari semua agama.

Para imam, bruder dan suster juga ikut berpartisipasi dalam lomba tersebut sejauh lima kilometer melalui pusat kota itu.

Penyelenggara mengatakan melalui kegiatan ini mereka ingin mengirim pesan bahwa kerukunan dapat dan ada di Indonesia meskipun ada kekhawatiran meningkatnya ketegangan agama seperti peristiwa serangan bom di gereja Oikomene Samarinda, Kalimantan Timur, dan juga demonstrasi di Jakarta oleh kelompok Muslim garis keras.

“Selain mendukung Asian Youth Day, lomba  (lari)  itu dijadikan sebagai momentum untuk memperkuat kerukunan antaragama dan menjunjung tinggi keberagaman di Indonesia,” demikian panitia penyelenggara Andre Pratikno.

Ketua Komisi Kepemudaan Keuskupan Agung Semarang dan Ketua Panitia Hari OMK Asia Pastor Heribertus Budi Purwantoro, mengatakan lomba lari sesuai dengan tema acara tahun depan tersebut, “Joyful Asian Youth! Living the Gospel in Multicultural Asia.”

Selain menunjukkan sikap toleransi beragama, lomba lari itu digelar untuk menggalang dana pelaksanaan AYD 2017.

AYD digagas oleh pembina OMK se-Asia dan disetutuji oleh Federasi Konferensi-konferensi Waligereja Asia (FABC) di bawah Komisi Keluarga dan Kerawam.

Sumber: ucanews.com

 

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

Podcasts
Donation
© UCAN Indonesia 2024. | Kontak | Tentang | Syarat dan Ketentuan | Privasi