UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Umat Katolik Tiongkok marah terkait pencemaran Hosti

Januari 5, 2017

Umat Katolik Tiongkok marah terkait pencemaran Hosti

Katedral St. Michael di Keuskupan Qingdao, Provinsi Shandong.

 

Umat Katolik di sebuah paroki di Tiongkok bagian timur berpuasa sehari pada 2 Januari sebagai reaksi terhadap pencemaran Hosti Kudus oleh seorang anggota umat selama Misa Malam Natal.

Peristiwa itu terjadi di Katedral St. Michael, Keuskupan Qingdao, Provinsi Shandong.

Seorang pria berlari ke altar dan memenghancurkan Hosti setelah ia menerima dari seorang imam pada Misa Malam Natal. Umat Katolik yang hadir segera menangkap dia, tapi tindakannya telah menimbulkan kemarahan banyak umat Katolik.

“Pria itu berasal dari paroki lain. Saya tidak tahu mengapa ia melakukan ini. Seseorang mengatakan ia menderita depresi,” kata Pastor Feng Shijie, kepala paroki katedral, kepada ucanews.com.

Umat Katolik percaya bahwa Hosti Kudus itu telah disucikan dan menjadi Tubuh Kristus. Pelaku pencemaran dinyatakan dosa berat dalam Gereja Katolik.

Orang tersebut telah dilakukan “ekskomunikasi otomatis” menurut hukum Gereja dan dapat dikenakan biaya karena mengganggu ketertiban umum menurut undang-undang Tiongkok, kata Pastor Feng.

“Namun, dalam semangat Kristus, kita harus berdoa bagi dia agar Tuhan memberikan dia kesempatan untuk bertobat,” katanya.

Dalam menanggapi kejadian itu, Uskup Qingdao Mgr Joseph Li Mingshu menyerukan umat Katolik untuk berdoa dan pelakunya bertobat. Paroki-paroki mengadakan adorasi terhadap Sakramen Mahakudus selama 12 jam dan satu hari puasa pada 2 Januari.

“Kami juga telah bertemu polisi untuk meminta pihak berwenang memberikan hukuman ringan terhadap pelaku,” kata imam itu, seraya mencatat bahwa dalam undang-undang Tiongkok orang-orang mengganggu ketertiban umum dapat dijatuhi hukuman tiga tahun penjara.

“Kami baru saja menyelesaikan Tahun Luar Biasa Kerahiman Allah. Kami harus terus melakukan semangat berbelas kasihan,” kata Pastor Feng.

Sumber: ucanews.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi